L-Arginine (4)

Nama: L-Arginine



Kegunaan (lanjutan)
Bukti Tidak Cukup Untuk : (lanjutan)

  • Penyakit kritis (trauma). Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi L-arginine melalui mulut bersama dengan glutamin, nukleotida, dan asam lemak omega-3 mempercepat waktu pemulihan, mengurangi kebutuhan penggunaan ventilator di ICu, dan risiko infeksi pada orang yang sakit kritis. Namun, itu tidak mengurangi risiko kematian.
  • Kehilangan memori (demensia). Penelitian awal menunjukkan bahwa L-arginin dapat meningkatkan kehilangan memori yang berhubungan dengan penuaan.
  • Gigi berlubang. Penelitian awal menunjukkan bahwa dengan menggunakan mint bebas gula yang mengandung kompleks arginin (CaviStat) selama satu tahun mengurangi jumlah rongga di gigi geraham anak dibandingkan dengan permen tanpa gula yang tidak mengandung arginine.
  • Gigi sensitif. Penelitian awal menunjukkan bahwa dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung arginine, kalsium, dan fluoride mengurangi sensitivitas gigi bila digunakan dua kali sehari.
  • Mengkonsumsi L-arginin melalui mulut selama satu bulan tampaknya meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes. L-arginin juga tampaknya meningkatkan sensitivitas insulin dan tekanan darah pada orang dengan diabetes tipe 2.
  • Ulkus kaki diabetik pada orang dengan kencing manis. Penelitian awal menunjukkan bahwa penerapan L-arginine ke kaki setiap hari dapat meningkatkan sirkulasi pada orang dengan diabetes, yang mungkin bisa membantu dalam mencegah ulkus kaki diabetik. Namun, jika sudah ada ulkus pada kaki, suntik L-arginine bawah kulit dekat ulkus tampaknya tidak mempersingkat waktu penyembuhan dan tidak menurunkan kemungkinan membutuhkan amputasi di kemudian hari. Maka, L-arginine adalah cara pencegahan untuk terjadinya ulkus kaki diabetik.
  • Kerusakan saraf akibat diabetes. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi L-arginine setiap hari selama 3 bulan tidak meningkatkan kerusakan saraf yang berhubungan dengan diabetes.
  • Masalah otot di esofagus/kerongkongan. Penelitian awal menunjukkan bahwa menerima infus L-arginine dan mengkonsumsi L-arginine melalui mulut selama 6 minggu mengurangi jumlah dan intensitas serangan nyeri dada pada orang dengan masalah otot di kerongkongan dan nyeri dada yang tidak berhubungan dengan jantung.
  • Kinerja olahraga. Ada bukti tidak konsisten tentang efek dari L-arginine pada kinerja latihan. Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengkonsumsi 6 gram L-arginin dalam minuman meningkatkan waktu latihan. Namun, bukti lain menunjukkan bahwa mengkonsumsi L-arginine, sendiri atau bersama-sama dengan antioksidan (Niteworks, Herbalife International, Inc), tidak meningkatkan kinerja olahraga dalam pesepeda laki-laki.
Baca Juga: L-Arginine (5)