L-Arginine (1)

Nama: Arginine (L-Arginine)

doktersehat-drugs-obat-kotrasepsi-arginine-obat-palsu

L-arginin merupakan suatu struktur kimia yang disebut “asam amino”, dapat diperoleh dari makanan dan diperlukan bagi tubuh untuk membuat protein. L-arginine ditemukan dalam daging merah, unggas, ikan, dan produk susu. L-arginine dapat dibuat di laboratorium dan digunakan sebagai obat.

L-arginin digunakan untuk kondisi jantung dan pembuluh darah termasuk gagal jantung kongestif (CHF), nyeri dada, tekanan darah tinggi, dan penyakit arteri koroner. L-arginin juga digunakan untuk nyeri berulang di kaki karena arteri yang tersumbat (klaudikasio intermiten), penurunan kapasitas mental pada orang tua (pikun/demensia senilis), disfungsi ereksi (ED), dan infertilitas pria.

Beberapa orang menggunakan L-arginin untuk mencegah flu biasa, meningkatkan fungsi ginjal setelah transplantasi ginjal, mengatasi tekanan darah tinggi selama kehamilan (pre-eklampsia), meningkatkan kinerja atlet, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah radang saluran pencernaan pada bayi prematur .

L-arginin digunakan dalam kombinasi dengan sejumlah obat untuk berbagai kondisi. Misalnya, L-arginin digunakan bersama dengan ibuprofen untuk sakit kepala migrain; dengan obat kemoterapi konvensional untuk mengobati kanker payudara; dengan asam amino lainnya untuk mengobati penurunan berat badan pada orang dengan AIDS; dan dengan minyak ikan dan suplemen lainnya untuk mengurangi infeksi, meningkatkan penyembuhan luka, dan memperpendek waktu pemulihan setelah operasi.

Beberapa orang menerapkan L-arginine pada kulit untuk mempercepat penyembuhan luka dan untuk meningkatkan aliran darah ke tangan dan kaki, terutama pada orang dengan diabetes. Hal ini juga digunakan untuk mengatasi masalah seksual pada pria dan wanita.

Cara Kerja

L-arginin diubah dalam tubuh menjadi zat kimia yang disebut oksida nitrat. Oksida nitrat menyebabkan pembuluh darah membuka lebih lebar sehingga aliran darah membaik. L-arginin juga merangsang pelepasan hormon pertumbuhan, insulin, dan zat-zat lain dalam tubuh.

Baca Juga: L-Arginine (2)