Kutu Pada Rambut Kemaluan

DokterSehat.com – Kutu adalah sebuah hewan yang sangat tidak disukai manusia. Biasanya, hewan ini akan membuat gangguan pada rambut manusia. Namun, ternyata mahluk ini juga dapat menyerang daerah lain pada manusia, khususnya yang memiliki rambut, seperti ketiak, ataupun janggut. Namun, hal yang paling menjengkelkan tentunya jika hewan ini menyerang bagian yang cukup sensitive, yakni rambut kemaluan.

10

Kutu para rambut kemaluan ini sering disebut dengan kutu kelamin. Kutu jenis ini sering menyerang alat kelamin remaja, khususnya para remaja yang sering melakukan aktivitas seksual tidak sehat. Namun, penyebab utama dari adanya kutu kelamin tentu saja karena kurangnya kebersihan kelamin. Disamping itu, kutu ini ternyata dapat datang dari berbagai tempat yang tidak diduga seperti pada toilet duduk, sprei atau selimut, dan bahkan banyak kaum hawa yang dihinggapi oleh kutu kelamin ini karena mencoba pakaian renang yang sebelumnya telah terkontaminasi dengan kutu ini.

Kutu ini dapat menyebabkan gangguan pada kelamin penderitanya. Gejala yang disebabkan awalnya bisa berupa rasa gatal dan terbakar pada kemaluan. Rasa tersebut dapat menyebar ke daerah lain, khususnya pada daerah yang lembab namun berambut. Rasa gatal-gatal ini dapat semakin memburuk saat malam hari, namun yang menjadi masalah adalah jika kita berusaha untuk menggaruknya, maka keadaan justru akan menjadi semakin buruk karena dapat menyebabkan luka yang dapat berujung pada infeksi oleh bakteri. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka penderitanya dapat merasakan demam, bahkan dapat merasakan terbakar saat buang air kecil.

Jika gejala-gejala awal sudah ada, ada baiknya kita harus cepat melakukan tindakan untuk mengatasi masalah kutu kemaluan ini, yakni dengan mengkeramasi rambut kemaluan dan sekitarnya selama lima menit, kemudian dibilas. Setelah dibilas, kita dapat menggunakan sisir dengan gigi yang halus untuk menghilangkan telur kutu. Namun, ada baiknya kita menggunting rambut kemaluan untuk mengurangi jumlah kutu dan telur dari kutu kemaluan ini.

Baca Juga:  Jahe, Bahan Herbal Pengusir Impotensi

Untuk mencegah adanya kutu kelamin ini, ada baiknya kita rajin-rajin menjaga kesehatan kemaluan dan rambut di sekitarnya. Ada baiknya juga mencukuri rambut di area tersebut agar tempat tinggal dari kutu itu menjadi terbatas dan juga hindari aktivitas seksual yang tidak sehat agar tidak tertular oleh penderita lainnya.