Kutu/ Kutuan – Pencegahan

Kutu mudah menyebar di kalangan anak-anak karena anak-anak sering berbagi topi, sisir, dan barang-barang lainnya. Jika Anda atau anak Anda memiliki kutu, Anda dapat membantu mencegah orang lain tertular dengan menghindari kontak head-to-head (rambut-ke-rambut) selama kegiatan di dalam rumah maupun di luar rumah. Juga, tidak berbagi pakaian, selimut, sikat rambut dan aksesoris, bantal, boneka binatang, atau handuk. Sering periksakan kulit kepala anak usia sekolah dapat membantu Anda menemukan dan mengobati kutu sebelum mereka menyebar ke seluruh keluarga Anda. Menghindari kontak dekat berkepanjangan dengan orang yang memiliki kutu juga akan mengurangi risiko Anda.

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Kutu Kemaluan tersebar terutama di kalangan orang-orang yang memiliki banyak pasangan seks. Mengurangi jumlah pasangan seks Anda memiliki dapat membantu mengurangi risiko terkena kutu kemaluan.

Kutu badan dapat dicegah dengan mandi secara teratur dan mengganti pakaian sehari-hari. Kutu tubuh hidup pada pakaian, bukan pada tubuh. Cuci pakaian di air panas [130°F (54,44°C) atau lebih tinggi] biasanya akan membunuh kutu dewasa dan mencegah telur menetas. Tubuh kutu yang ada di kulit biasanya hilang sendiri dengan mandi setiap hari dan mengenakan pakaian yang tidak terkontaminasi. Obat-obatan untuk membunuh kutu tubuh biasanya tidak diperlukan.

Untuk membantu mengendalikan penyebaran kutu, Anda dapat juga membersihkan sisir, sikat, pakaian, dan barang-barang pribadi lainnya untuk membunuh kutu dan telur mereka.