Kutu/ Kutuan – Diagnosis dan Pengobatan

Berikut adalah lanjutan dari gejala kutuan.

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Gejala (lanjutan):

  • Kutu kepala mungkin tidak menimbulkan gejala apapun pada awalnya. Gatal pada kulit kepala dapat mulai minggu atau bahkan berbulan-bulan setelah kutu sudah mulai menyebar. Menggaruk dapat membuat kulit mengelupas. Kulit mentah mungkin cairan cairan bening atau kerak di atas, dan mungkin terinfeksi.
  • Kutu kemaluan menyebabkan gatal parah. Gigitan mereka dapat menyebabkan tanda kecil yang terlihat seperti memar pada punggung tubuh, paha, atau lengan atas. Jika kutu kemaluan didapatkan pada bulu mata, tepi kelopak mata dapat berkulit. Anda mungkin melihat kutu dan telurnya di dasar bulu mata.
  • Kutu tubuh menyebabkan gatal-gatal yang sangat buruk, terutama pada malam hari. Luka gatal muncul di ketiak dan di pinggang, dada, dan daerah lain di mana jahitan pakaian menekan kulit. Kutu dan telur dapat ditemukan di lapisan pakaian seseorang tapi biasanya tidak terlihat pada kulit. Sering menggaruk dapat menyebabkan infeksi kulit. Dalam kasus yang paling parah dari kutu kepala, mungkin rambut rontok, dan kulit bisa lebih gelap di daerah penuh dengan kutu.

Diagnosis
Seorang dokter biasanya dapat mengetahui apakah Anda memiliki kutu dengan melihat lebih dekat kutu hidup atau telur di rambut Anda. Dokter mungkin juga menyisir rambut dengan sisir bergigi halus untuk membantu mendeteksi kutu. Dokter dapat melihat kutu atau telur di bawah mikroskop.

Dokter Anda juga dapat menemukan kutu kemaluan dan kutu tubuh dengan melihat lebih dekat kepada tubuh atau pakaian Anda.

Pengobatan
Kutu tidak akan pergi sendiri. Pastikan untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk mengobati kutu dan untuk mencegah penyebaran kutu.

Pengobatan yang paling umum adalah resep krim, lotion, atau sampo antikutu. Anda dapat mengoleskannya di kulit atau kulit kepala untuk membunuh kutu dan telur. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu pengobatan untuk kedua kalinya untuk memastikan bahwa semua telur mati. Jika dua perawatan atau lebih tidak bekerja, dokter mungkin meresepkan obat yang berbeda.

Baca Juga:  Cara Cegah Kutu Air Dimusim Hujan

Penting untuk mencuci pakaian dan selimut dalam air panas untuk membantu menyingkirkan kutu.

Beberapa orang terus memiliki gatal selama 7 sampai 10 hari setelah kutu dan telur telah mati. Krim steroid atau lotion calamine dapat meringankan gatal. Jika Anda memiliki gatal yang parah, Anda dapat mencoba pil antihistamin. Tapi jangan memberikan antihistamin untuk anak Anda kecuali diberikan resep dokter