Kutil Kelamin Disebabkan oleh Human Papilloma Virus

DokterSehat.Com – Kutil kelamin atau lebih dikenal dengan penyakit jengger ayam adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Kutil kelamin berbentuk datar atau menonjol dengan tangkai (pedunkulata) seperti kembang kol, biasanya tumbuh pada alat kelamin dan daerah sekitar dubur.



Kutil kelamin adalah masalah kesehatan yang serius karena HPV adalah virus yang menjadi penyebab lebih dari 70% kanker serviks. Saat ini di Indonesia kanker serviks adalah penyebab kematian tertinggi pada wanita.

Human papillomavirus ( HPV ) ditularkan melalui hubungan seksual. Virus ini dapat menginfeksi pra dan wanita.

Pada wanita kutil kelamin dapat tumbuh di vulva, dinding vagina, daerah antara alat kelamin eksternal dan anus dan leher rahim. Pada pria kutil kelamin dapat terjadi di ujung atau batang penis, skrotum atau anus. Kutil kelamin juga dapat berkembang di mulut dan tenggorokan dari orang yang kemungkinan melakukan oral seks dengan orang yang terinfeksi.

Cara terbaik untuk menghindari infeksi virus ini adalah dengan melakukan pencegahan dan pemeriksaan pap smear secara berkala.

Cara mencegah infeksi virus HPV :

  • Vaksin HPV
  • Menjaga kebersihan organ tubuh
  • Sunat
  • Tidak berganti-ganti psangan seksual
  • Tidak menggunakan alat kontrasepsi hormonal lebih dari 10 tahun