Kutil Kelamin – Pengobatan dan Pencegahan

Pengobatan kutil kelamin ditentukan berdasarkan diagnosis dari dokter. Kutil biasanya sembuh tanpa pengobatan, akan tetapi kutil juga dapat menyebar. Kebanyakan orang memutuskan untuk mengambil kutil karena munculnya gangguan atau karena risih melihat adanya kutil. Tapi jika Anda tidak memiliki gejala dan tidak khawatir tentang kutil, Anda bisa menunggu sampai kutil sembuh dengan sendirinya.

doktersehat-pria-pinggang-besar-kanker-prostat-Gangguan-Stress-Pasca-Trauma-PTSD-diabetes-kutil-kelamin-konsultasi

Jika Anda memutuskan untuk mengobati kutil kelamin, berbicara dengan dokter Anda tentang perawatan yang terbaik untuk Anda. Terdapat obat-obatan yang dapat dioleskan ke kutil atau dokter dapat mengambil kutil tersebut dengan laser, operasi, atau dengan membekukan kutil.

Jika Anda menyadari kutil sembuh tanpa pengobatan, virus HPV tetap dapat tinggal dalam sel-sel tubuh Anda sehingga sangat mungkin bagi pasien untuk menyebarkan kutil kelamin terhadap pasangannya bahkan jika pasien tidak memiliki tanda-tanda adanya kutil lagi.

Cara terbaik untuk menjaga dari tertular kutil kelamin atau infeksi menular seksual lainnya adalah berhubungan seks dengan aman. Seks aman meliputi:

  • Menggunakan kondom. Kondom dapat membantu mengurangi resiko penyebaran kutil kelamin, tetapi mereka tidak melindungi seluruh area genital terhadap kontak kulit ke kulit.
  • Sebelum Anda melakukan hubungan seks dengan seseorang, berbicaralah dengan pasangan Anda tentang penyakit menular seksual. Cari tahu apakah dia beresiko. Ingat bahwa seseorang bisa terinfeksi tanpa menyadarinya.
  • Jika Anda memiliki gejala infeksi menular seksual (IMS), tunda untuk berhubungan seks.
  • Jangan berhubungan seks dengan siapa saja yang memiliki gejala atau yang mungkin telah terkena IMS.
  • Melakukan hubungan seks hanya dengan 1 orang. Memiliki beberapa pasangan seks akan meningkatkan risiko infeksi.

Jika Anda berusia 26 tahun atau lebih muda, Anda bisa mendapatkan suntikan vaksin HPV. Vaksin Cervarix dan Gardasil melindungi terhadap dua jenis HPV yang menyebabkan kanker serviks. Selain itu, Gardasil juga melindungi terhadap dua jenis HPV yang menyebabkan kutil kelamin.

Baca Juga:  5 Fakta Kutil Kelamin yang Harus Anda Waspadai