Kuteks Ternyata Berbahaya Bagi Sistem Reproduksi Wanita

DokterSehat.Com – Kuteks atau cat kuku adalah salah satu kosmetik yang juga kerap digunakan oleh wanita. Dengan memakai kuteks, warna kuku menjadi lebih menarik dan membuat jari menjadi terlihat cantik. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan jika ada bahaya yang tersembunyi dari pemakaian kuteks ini, khususnya bagi saluran pernafasan dan kulit. Bahkan, baru-baru ini disebutkan jika kuteks ternyata memiliki kaitan dengan gangguan pada sistem reproduksi wanita. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-kuku-kaki-kuteks

Pakar kesehatan menyebutkan jika kuteks ternyata banyak memiliki bahan kimia berbahaya yang bisa memicu masalah keguguran hingga perkembangan yang abnormal pada kandungan. Bahkan, pakar kesehatan Deanne Robinson, MD, yang berasal dari FAAD, Connecticut Dermatology Group di Norwalk, Amerika Serikat, menyebutkan jika 10 persen dari puluhan ribu bahan kimia pada berbagai produk perawatan layaknya kuteks sangatlah berbahaya bagi kesehatan wanita. Robinson sendiri menyebutkan jika telah ada hasil penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan yang menunjukkan jika kuteks ternyata kaya akan kandungan zat kimia berbahaya yang akan mempengaruhi kadar endokrin pada tubuh dan juga sistem reproduksi.

Robinson sendiri menyebutkan jika ada tiga bahan kimia dari kuteks yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan perlu dihindari yakni sebagai berikut:

  • Dibutyl phthalates. Bahan kimia pada kuteks ini bisa sangat menggangu endokrin pada tubuh wanita dan sangat berbahaya bagi sistem reproduksi
  • Bahan kimia ini termasuk dalam karsinogen, pemicu beberapa jenis kanker dan pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika bahan inilah yang bertanggung jawab pada munculnya kanker pada rongga hidung dan juga leukemia atau kanker darah.
  • Zat kimia ini diyakini akan memberikan pengaruh buruk pada sistem saraf pusat dan juga masalah reproduksi. Fakta ini didapatkan dari data yang ada dalam California’s Proposition 65 dimana bahan kimia ini bisa memicu penyakit kanker, kecacatan saat lahir pada bayi, dan gangguan reproduksi lainnya.
Baca Juga:  Seledri Juga Bisa Mencegah Kanker

Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya kaum hawa kini lebih bijak dalam memakai kuteks demi kesehatan tubuhnya.