Kurma Dan Susu, Obat Alami yang Efektif Mengatasi Batuk Parah

DokterSehat.Com – Tak hanya dikonsumsi saat berbuka puasa, buah kurma ternyata bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menyembuhkan penyakit. Di Jazirah Arab sendiri, kurma ternyata kerap digunakan sebagai salah satu bahan obat tradisional mengingat tingginya nutrisi baik layaknya mineral yang bisa membantu perbaikan sel tubuh yang rusak. Salah satu jenis penyakit yang diyakini bisa diatasi oleh kurma adalah batuk. Bagaimanakah cara kurma menyembuhkan penyakit yang cukup merepotkan ini?

doktersehat-kurma-puasa-ramadhan

Agar bisa menjadi obat batuk yang efektif, kita hanya perlu merendam kurma di dalam susu hangat hingga susu ini meresap pada kurma. Kurma pun kemudian menjadi lebih lembut dan bisa dikonsumsi. Selain campuran kurma dan susu, ada pula obat alami yang bisa mengatasi batuk yang terbuat dari kurma dan disebut sebagai air nabeez. Menurut pakar kesehatan, air nabeez ini mirip dengan infused water yang memang dikenal luas sebagai minuman yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Untuk membuat air nabeez ini, kita hanya perlu merendam air bersama dengan kurma selama semalaman. Keesokan harinya, air nabeez ini bisa dikonsumsi untuk mengatasi batuk yang cukup parah. Tak hanya meredakan batuk, air nabeez ternyata bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Tingginya kadar zat besi pada kurma ternyata mampu membuat produksi sel darah merah sehingga bisa mengatasi masalah anemia. Pakar kesehatan sendiri menyarankan ibu hamil atau ibu menyusui untuk mengkonsumsi kurma secara rutin agar bisa mengembalikan stamina tubuhnya. Selain itu, bagi anak-anak yang sulit untuk makan, kurma yang manis ini bisa diberikan sebagai camilan sehat yang bisa membuat daya tahan tubuh sekaligus sistem metabolisme anak meningkat. Beberapa pasien yang terkena masalah kesehatan yang disebabkan oleh infeksi virus juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi kurma karena bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Baca Juga:  Kini, Madu dan Kurma Tak Lagi Lebih Sehat Dari Gula

Melihat adanya fakta-fakta ini, jangan ragu untuk selalu menyediakan kurma di dalam rumah karena bisa membantu kita untuk selalu sehat dan bugar.