Kurma, Buah Untuk Berbuka Puasa Yang Kaya Manfaat

DokterSehat.Com – Salah satu buah yang langsung populer begitu datangnya bulan ramadhan adalah buah kurma. Bagaimana tidak, buah yang berasal dari negara-negara Timur Tengah ini memang sangat direkomendasikan untuk dimakan saat berbuka puasa. Tahukah anda, disamping memberikan efek mengganjal perut saat berbuka puasa dengan rasa manisnya, buah kurma ternyata memberikan banyak efek positif bagi kesehatan tubuh. Pakar kesehatan dr. Fala Adinda mengungkapkan berbagai kebaikan mengkonsumsi kurma sebagai berikut.

doktersehat-kurma-puasa-ramadhan

Banyak orang yang cenderung “balas dendam” saat berbuka puasa. Setelah tidak makan dan minum seharian, waktu berbuka puasa akan dilampiaskan dengan makan dan minum yang cukup banyak. Hal ini tentu akan tidak baik bagi saluran pencernaan kita karena bisa jadi perut kita akan kaget dan pada akhirnya menimbulkan rasa sakit. Dengan mengkonsumsi kurma, rasa manisnya akan membuat perut kita terasa lega dan tidak akan membuat kita makan secara berlebihan. Selain itu, kurma ternyata memiliki kandungan yang bisa membuat sistem pencernaan yang beristirahat seharian menjadi aktif kembali dan siap diberi berbagai asupan makanan dan minuman.

Tahukah anda, banyak orang yang langsung mengkonsumsi makanan berkarbohidrat dan daging-dagingan saat berbuka puasa pada akhirnya akan meningkatkan kadar keasaman darah dengan drastis. Hal ini tentu bisa dicegah jika kita mengkonsumsi kurma yang cenderung mampu menahan keseimbangan kadar keasaman darah. Kurma juga kaya akan kandungan glukosa dan fruktosa alami bisa menjadi sumber energi yang bisa membuat tubuh yang awalnya lemas karena seharian berpuasa akan menjadi bugar kembali.

Sebuah penelitian menunjukkan manfaat sehat dari konsumsi kurma saat berbuka puasa. Banyak orang yang mengalami masalah pencernaan saat bulan puasa karena jarangnya konsumsi serat. Dengan memakan kurma yang kaya asam amino dan serat larut, maka sistem pencernaan kita pun akan bekerja dengan lebih nyaman setelah berbuka puasa.

Baca Juga:  Pasien Pertama yang Pernah Melakukan Transplantasi Wajah Meninggal Dunia

Dengan adanya fakta-fakta ini, sudahkah anda mempersiapkan kurma untuk berbuka sore hari nanti?