Kurap Pada Anak-Anak

DokterSehat.Com – Kurap adalah sebuah penyakit kulit yang cukup mengganggu penampilan. Biasanya, kurap berbentuk mirip layaknya penyakit korengan yang bisa muncul di area kaki. Anak-anak sendiri sangat mudah terkena kurap, khususnya jika si anak termasuk dalam anak yang aktif dan sering bermain-main di luar rumah dimana banyak area yang tidak bersih dan penuh dengan kuman. Sebagai contoh, jika anak-anak bermain air di sungai yang kotor atau sering tidak memakai alas kaki, maka bisa jadi kurap akan dengan mudah muncul di tubuhnya.

doktersehat-anak-kecil

Kurap sendiri disebabkan oleh adanya pertumbuhan jamur di kulit manusia. Kurap pada anak-anak maupun orang dewasa sama-sama terjadi karena jamur trichophyton dimana jamur ini berkembang dengan sangat pesat pada kulit manusia jika kulit tidak dalam kondisi higienis dan cenderung terlalu lembab. Banyak sekali warga kota yang tinggal di area kumuh dimana sumber air biasanya sudah banyak tercemar oleh polusi dan bakteri juga akan mudah terkena penyakit kurap mengingat kondisi tubuh dan kulitnya cenderung tidak bisa bersih dan higienis.

Disamping area kaki anak-anak, kurap juga dapat dengan mudah menyerang kulit kepala, khususnya pada area rambut. Mengapa hal ini bisa terjadi? Keringat yang berlebihan pada anak yang aktif ternyata bisa memicu kelembaban berlebihan pada kulit kepala sehingga jamur penyebab kurap dapat tumbuh dengan subur. Disamping keringat berlebihan, anak kecil cenderung kurang bisa membersihkan rambut dengan benar sehingga kotoran yang ada pada rambut dan kulit kepala tetap berada disana dan menjadi tempat tinggal ideal bagi jamur. Selain karena faktor kurangnya kebersihan dan keringat berlebihan, kurap juga ternyata bisa ditularkan oleh hewan peliharaan layaknya anjing atau kucing. Anjing dan kucing juga mudah terkena penyakit kurap apalagi jika kedua hewan tersebut banyak menjelajah area kotor. Jamur yang ada pada anjing dan kucing tentu bisa dengan mudah berpindah pada kulit anak-anak jika disentuh.

Baca Juga:  Penyakit Panu Yang Memalukan

Kurap memang bisa dengan mudah diobati dengan produk krim atau salep. Namun, jika kita tidak ingin anak-anak terkena kurap yang sangat mengganggu ini, ada baiknya kita mengajari anak-anak untuk mandi dengan benar sehingga tubuh dan kulit benar-benar bersih. Gunakan pula sumber air yang bersih dan tidak tercemar sehingga tubuh pun menjadi lebih higienis setelah mandi.