Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak Agar Kulit Tidak Mudah Berkeriput

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir bahwa kunci dari mencegah masalah kulit layaknya kulit berkeriput adalah dengan memakai produk kebersihan atau kecantikan dengan rutin setiap hari. Padahal, kita juga bisa melakukan hal yang cukup sederhana setiap hari, yakni dengan cara mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika kita menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, maka masalah penuaan dini pada kulit layaknya kulit berkeriput pun bisa dicegah dengan baik.

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Salah satu pakar kesehatan dan kecantikan; dr Ariana Suryadew, M. Biomed, menyebutkan jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan tidak sehat dan berlemak, maka kolagen yang merupakan semacam protein yang berperan besar dalam membuat kulit tetap kencang bisa mengalami kerusakan dengan cepat. Selain itu, jumlah kolagen alami pada tubuh juga cenderung semakin menurun sehingga keriput pun akan mudah muncul. Padahal, secara alami tubuh manusia juga mengalami penurunan produksi kolagen secara alami seiring dengan semakin menuanya umur. Kombinasi antara bertambahnya usia dengan pola makan kaya lemak tentu akan lebih cepat membuat kulit kusam, terlihat tua, dan berkeriput.

Untuk menghindari hal ini, dr Ariana menyarankan kita mengkonsumsi makanan sehat dan mulai membatasi asupan makanan berlemak. Makanan layaknya ikan yang kaya akan kolagen diyakini akan bisa menjaga kadar kolagen dalam tubuh sehingga kulit pun tetap kencang dan sehat. Selain itu, cobalah untuk memperbanyak makanan dengan kandungan vitamin C tinggi sehingga tubuh pun bisa menyerap nutrisi kolagen yang dibutuhkan kulit dengan lebih baik. Pakar kesehatan dan kecantikan ini juga menyebutkan agar kita menghindari berbagai radikal bebas layaknya dari polusi asap kendaraan bermotor, udara kotor, hingga asap rokok yang bisa menyebabkan kulit mudah mengalami penuaan dini.