Kurangi Konsumsi Gula Untuk Hidup Yang Lebih Sehat

DokterSehat.Com – Siapa sih yang tidak menyukai makanan yang manis? Tanpa kita sadari, kita kecanduan dengan rasa manis pada makanan dan menganggapnya sebagai makanan yang sangat enak untuk disantap. Banyak jajanan atau makanan yang terasa manis layaknya kue atau snack-snack tertentu yang menjadi makanan favorit yang seringkali kita konsumsi secara harian. Padahal, dengan banyaknya makanan berasa manis, akan ada banyak pula kandungan gula yang kita konsumsi.



Kandungan gula ternyata memang memiliki sifat adiktif atau membuat kecanduan. Tahukah anda, dari penelitian yang dilakukan oleh NBC News dan The Wallstreet Journal, sifat gula yang membuat kecanduan ini ternyata setara jika kita mengkonsumsi ganja atau kokain! Kita akan terus berkata iya untuk makanan manis dan jika perlu, kita akan merasa bisa mengkonsumsinya sebanyak mungkin. Padahal, banyak mengkonsumsi makanan kaya kandungan gula bisa menyebabkan masalah obesitas, diabetes, hingga gangguan pada organ jantung!

Jika kita mengkonsumsi terlalu banyak makanan mengandung gula, maka sistem pertahanan tubuh pun bisa mengalami gangguan. Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian dimana tubuh yang memiliki kadar keasaman gula yang seringkali berkaitan dengan tingginya kandungan gula pada tubuh ternyata bisa menyebabkan sel-sel kanker muncul. Padahal, sel kanker ini bisa menyerang sistem pertahanan tubuh sehingga tubuh pun akan rentan dengan berbagai penyakit. Kandungan gula juga diyakini mampu membuat tubuh mengalami penuaan diri. Gula darah jika bereaksi dengan protein akan membuat molekul advanced glycation end yang bisa mempengaruhi kolagen dan elastin, dua jenis protein yang menjaga kekenyalan dan kesehatan kulit. Semakin banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula berarti kemungkinan tubuh mengalami masalah penuaan dini pada kulit lebih cepat.

Baca Juga:  Apa Dan Bagaimana Amandel Itu

Anda tentu tidak ingin bukan hanya karena hobi mengkonsumsi makanan yang manis, kita justru mendapatkan resiko yang lebih tinggi pada kondisi kesehatan kita. Selain itu, kandungan gula juga bisa mempengaruhi kestabilan mood yang tentu bisa mempengaruhi kualitas kehidupan kita sehari-hari. Untuk itu, cobalah untuk membatasi konsumsi gula harian dengan membuat aturan yang tepat sehingga kita pun tidak akan mengkonsumsi gula secara berlebihan setiap harinya.