Kurang Vitamin D Picu Kanker Payudara

Doktersehat.com –Vitamin D tak hanya baik untuk tulang saja. Kekurangan vitamin D pun ternyata dapat memicu timbulnya kanker payudara pada wanita.



Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa vitamin D yang tidak mencukupi kebutuhan tubuh bisa memicu tumbuhnya kanker payudara pada wanita.

Vitamin D memberikan kontribusi triple-negatif pada jalur molekul yang menghambat penyakit kanker payudara. Aktifnya jalur molekul menyebabkan tumor tumbuh dan menyebar ke seluruh tubuh.

Menurut profesor biokimia dan biologi, Gonzalo Susana, Ph.D, selain menghambat jalur molekul kanker payudara, vitamin D juga dapat menghilangkan sel-sel kanker payudara.

Sejalan dengan pernyataan Gonzalo Susana, penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kanker di Jerman serta studi yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa ada kaitan erat antara vitamin D dengan risiko penyakit kanker payudara.

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan, para peneliti menganjurkan wanita untuk mengonsumsi vitamin D guna menghilangkan kanker payudara.

Sumber: okezone.com