Kurang Vitamin A Picu Keratomalasia

DokterSehat.com – Keratomalasia (Xeroftalmia, Keratitis Xerotik) merupakan suatu kondisi dimana kornea mengering dan keruh karena kekurangan vitamin A, kalori, dan protein. Biasanya keratomalasia menyerang kedua mata.



Penyebab

Penyebab utama keratomalasia adalah kekurangan vitamin A yang parah. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, kulit, pertumbuhan tulang, dan melindingi selaput lendir pada saluran pencernaan, saluran kemih, dan saluran pernapasan. Di negara-negara berkembang, keratomalasia dan kekurangan vitamin A menjadi penyebabutama kebutaan pada masa anak-anak.

Keratomalasia dan kekurangan vitamin A terjadi karena beberapa kondisi yang berkaitan dengan proses penyerapan, penyimpanan, atau pemindahan vitamin A, seperti:

  • Kolitis Ulserativa
  • Penyakit Seliak
  • Fibrosis Kistik
  • Pembedahan bypass pada usus
  • Penyakit Hati.

Gejala

Awalnya kelainan ini ditandai dengan berkurangnya penglihatan saat keadaan gelap, mata menjadi kering (xeroftalmia), disertai pula pembentukan kerutan, kekeruhan dan perlunakan kornea yang disebut keratomalasia.

Kekurangan vitamin A yang parah pada konjungtiva menunjukkan adanya endapan kering dan berbusa yang berwarna abu-keperakan.

Bila tidak dilakukan pengobatan yang tepat maka perlunakan kornea bisa mengakibatkan infeksi, perubahan jaringan yang bersifat degeneratif, dan mengalami perforasi, sehingga menyebabkan kebutaan.

Pengobatan

Untuk mengatasi infeksi, bisa diberikan salep atau tetes mata antibiotik. Untuk memperbaiki kekurangan vitamin A, diberikan tambahan vitamin per-oral (melalui mulut) dan untuk mengatasi malnutrisi dilakukan perbaikan gizi.