Kurang Tidur Ternyata Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Prostat Pada Pria

DokterSehat.Com– Banyak pria yang cenderung mengalami kurang tidur karena kerap melakukan banyak aktifitas di malam hari. Tak hanya mengobrol atau bermain dengan teman-temannya di malam hari, cukup banyak pria yang mengaku jika mereka baru bisa mendapatkan inspirasi atau konsentrasi untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan di malam hari. Selain itu, cukup banyak tontonan olahraga di malam hari membuat lebih banyak pria yang tidak mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

doktersehat-pria-skrotum-penis-masalah-kelamin-Pembesaran-Prostat-Jinak-gatal-hematuria-scrotoplasty-kanker-prostat-infeksi-menular-seksual

Pakar kesehatan sudah berkali-kali menyebutkan bahwa kurang tidur bisa memberikan banyak dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Bahkan, menurut hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh American Cancer Society, diketahui bahwa kurang tidur ternyata bisa menyebabkan pria lebih beresiko terkena kanker prostat. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini mempelajari dua studi jangka panjang untuk mengetahui dampak dari kebiasaan kurang tidur pada ratusan ribu pria yang sudah terekam datanya dari tahun 1950 hingga 1972 dan dari tahun 1982 hingga 2012. Sebelum studi tersebut dilakukan, para pria ini diketahui terbebas dari berbagai masalah kanker. Namun, sekitar 1.500 pria diketahui terkena kanker pada studi periode pertama. Pada studi periode kedua, diketahui bahwa ada 8.700 pria yang terkena kanker.

Setelah dicek kebiasaan tidur para pria ini, diketahui bahwa pria yang berusia kurang dari 65 tahun namun terbiasa untuk tidur hanya 3 sampai 5 jam setiap malamnya akan meningkatkan resiko terkena kanker prostat hingga 55 persen lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang tidur setidaknya hingga 7 jam setiap malamnya. Bagi pria yang sudah melampaui usia 65 tahun, kebiasan tidur ini tidak memberikan dampak apapun pada resiko terkena kanker prostat.

Baca Juga:  Apa Yang Bisa Kita Lakukan Jika Balita Muntah dan Diare?

Pakar kesehatan sendiri masih melakukan penelitian lebih dalam akan hal ini. Namun, setidaknya mereka sudah bisa menyimpulkan fakta bahwa ada baiknya pria menjaga waktu tidurnya dengan baik agar tidak mudah terkena kanker prostat.