Kurang Tidur Ternyata Bisa Memicu Asma

DokterSehat.Com– Meskipun pakar kesehatan sudah berkali-kali memperingatkan bahaya dari kurang tidur, dalam realitanya masih banyak orang yang menyepelekannya. Karena keasikan bermain gadget atau memang terbiasa begadang, kita pun cenderung mengalami kurang tidur hampir setiap malam. Padahal, tak hanya membuat badan menjadi tidak bugar dan mengantuk, kebiasaan ini juga bisa membuat kita lebih beresiko terkena asma.

doktersehat-sesak-nafas-asma

Fakta ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Royal Society for Public Health Inggris. Dalam penelitian tersebut, diperkirakan 4 dari 10 orang dengan usia 25 hingga 50 tahun ternyata cenderung kurang tidur setiap malam. Padahal, dalam penelitian yang melibatkan 18 ribu orang dewasa ini, diketahui bahwa kurang tidur bisa memicu peradangan pada tubuh yang berimbas pada meningkatnya hormon stress dalam tubuh dan resiko terkena asma.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa kurang tidur bisa meningkatkan resiko terkena sesak nafas hingga 65 persen. Bahkan, mereka yang memang sudah mengalami insomnia, resiko untuk terkena asma juga meningkat hingga 3 kali lipat.

Dr. Ben Brumpton, ketua penelitian ini menyebutkan bahwa insomnia bisa memicu peradangan yang cukup parah pada saluran pernafasan. Jika penderita insomnia ini juga merokok, mengalami masalah kegemukan, dan kerap terpapar polusi udara, maka resiko untuk terkena asma juga menjadi semakin besar. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menjaga waktu tidur kita agar bisa mencegah datangnya asma.