Kurang Tidur Sangat Tidak Sehat Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Untuk memenuhi kebutuhan hidup, banyak sekali orang yang merelakan waktu tidurnya berkurang dengan melakukan kerja lembur jauh hingga ke tengah malam. Memang, menyelesaikan pekerjaan penting agar selesai tepat waktu akan membuat lega. Namun, jika kondisi ini terus berulang, maka kita tentu akan kekurangan waktu tidur. Meskipun terlihat sepele, kurang tidur ternyata dapat memberikan dampak yang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, banyak pakar kesehatan yang berkata bahwa jika seseorang tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, maka bisa jadi banyak penyakit berbahaya yang mudah menyerangnya.



Hal pertama yang terkena dampak negatif dari kurang tidur adalah menurunnya daya tahan tubuh. Kita tentu sering melihat orang yang sering lembur di malam hari akan sangat mudah terkena flu dan batuk. Waktu tidur adalah waktu dimana hati bekerja untuk menetralisir banyak sekali racun dalam tubuh. Jika kita tidak tidur, maka hati pun tidak diberi kesempatan untuk menetralisir racun-racun tersebut sehingga daya tahan tubuh kita pun menjadi semakin melemah. Disamping itu, kurang tidur juga dapat memicu kurangnya daya konsentrasi sehingga anda tentu akan kesulitan untuk produktif.

Banyak penelitian yang bahkan langsung mengkaitkan dampak kurang tidur dengan resiko munculnya beberapa penyakit. Penelitian di Jepang menunjukkan hasil riset dimana jika manusia tidur selama enam jam atau kurang dari enam jam per hari ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit kanker. Hal ini dikarenakan hormon melatonin yang diproduksi tubuh saat tidur semakin berkurang dan kekurangan hormon ini dapat memicu penyakit kanker. Kurang tidur juga dapat menyebabkan tubuh tidak mampu menggunakan hormon insulin dengan baik sehingga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes. Disamping itu, orang yang kekurangan waktu tidur juga mengalami resiko untuk terkena stroke empat kali lipat lebih besar dari mereka yang tidur dengan cukup. Bahkan, gangguan gula darah pun akan meningkat seiring semakin berkurangnya waktu tidur seseorang.

Baca Juga:  Mengenal Penyakit Asma Bronkial

Dengan berbagai resiko penyakit berbahaya yang bisa saja menyerang setiap saat. Anda tentu akan berpikir ulang untuk mengorbankan waktu tidur anda demi berkegiatan hingga larut malam, bukan? Pastikan bahwa anda mendapatkan waktu tidur yang cukup demi kesehatan tubuh anda di masa kini dan masa yang akan datang.