Kurang Tidur Menyebabkan Lingkar Pinggang Semakin Lebar?

DokterSehat.Com– Ada sebuah anggapan yang dipercaya oleh masyarakat dimana kebiasaan kurang tidur akan membuat ukuran lingkar pinggang menjadi semakin lebar. Hal ini tentu akan berpengaruh besar pada penampilan tubuh kita. Sebenarnya, apakah anggapan ini benar adanya?

doktersehat-lemak-gemuk-lipedema-melahirkan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Leeds Institute of Cardiovascular and Metabolic Medicine serta School of Food Science and Nutrition, diketahui bahwa kebiasaan kurang tidur bisa memicu kenaikan berat badan dan obesitas. Hal ini jelas otomatis akan melebarkan ukuran lingkar pinggang.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa mereka yang terbiasa tidur sekitar 6 jam saja di malam hari cenderung memiliki lingkar pinggang yang lebih lebar 3 cm jika dibandingkan dengan mereka yang tidur hingga 7 atau 8 jam setiap malamnya. Hal ini disebabkan oleh sistem metabolisme dalam tubuh yang tidak melakukan prosesnya dengan maksimal. Alhasil, berbagai makanan dan minuman yang kita konsumsi tidak bisa benar-benar diubah menjadi sumber energi dalam tubuh. Salah satu bahan makanan yang tidak bisa dimetabolisme dengan efektif adalah karbohidrat. Kurang tidur akan membuat karbohidrat ini hanya akan menumpuk di dalam tubuh menjadi tambahan lemak atau menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang bisa berimbas pada meningkatnya resiko terkena diabetes.

Tak hanya diabetes atau obesitas, kurang tidur juga telah terbukti menjadi pemicu datangnya penyakit berbahaya lainnya seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi dan gangguan memori. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menjaga kebiasaan tidur kita agar selalu cukup dan berkualitas.