Ingat, Kurang Tidur Bisa Meningkatkan Nafsu Makan

DokterSehat.Com – Kadangkala pada suatu hari kita memiliki nafsu makan yang sangat besar dimana meskipun kita sudah makan cukup banyak dan merasa kenyang, namun ada rasa dimana kita ingin mengkonsumsi makanan atau camilan terus-menerus. Tahukah anda, kondisi ini ternyata bisa dipengaruhi oleh pola tidur kita yang tidak baik. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika kita cenderung kurang tidur di malam hari, maka keesokan harinya kita akan cenderung memiliki nafsu makan yang sangat berlebihan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-makanan-manis-makan-berlebihan

Pakar kesehatan Marie-Pierre St-Onge yang berasal dari University of Columbia, New York, mengungkapkan jika kita kurang tidur di malam hari, maka tubuh pun akan membuat produksi hormon ghrelin secara berlebihan. Padahal, hormon ghrelin inilah yang bisa memberikan sinyal pada otak untuk membuat nafsu makan kita meningkat. Hal ini berarti, mereka yang cenderung bermasalah pada tidurnya atau setidaknya memiliki hobi tidur larut, akan cenderung mudah mengalami masalah berat badan yang berlebihan atau obesitas.

Sebaliknya Professor St-Onge mengungkapkan jika kualitas tidur seseorang ternyata dipengaruhi oleh pola diet seseorang. Sebagai contoh, mereka yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan makanan berlemak akan cenderung memiliki kualitas tidur yang sangat buruk. Sementara itu, mereka yang rutin mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan kaya akan kandungan serat namun rendah lemak akan cenderung lebih mudah untuk mendapatkan waktu tidur yang nyenyak.

Pakar kesehatan lainnya bernama dr. Nathaniel Watson mengungkapkan jika seseorang ingin memperbaiki waktu tidurnya sekaligus menjaga berat badannya dengan ideal, maka ada baiknya Ia menjaga dengan baik pola tidur dan pola makan yang benar mengingat kedua hal ini ternyata berkaitan erat. Dengan memakan makanan bergizi dan menjaga kualitas tidur, maka kita pun menerapkan gaya hidup sehat. Sebaliknya, jika kita cenderung buruk dalam menjaga kualitas makan dan tidur, maka resiko berbagai penyakit berbahaya layaknya penyakit diabetes, hipertensi, dan masalah kardiovaskular akan dengan mudah mendatangi tubuh kita.