Kurang Tidur? Anda Bisa Memakai Trik Ini Agar Lebih Fit

DokterSehat.Com – Gaya hidup manusia modern, khususnya yang tinggal di area perkotaan, sering diklaim sebagai gaya hidup yang kurang sehat. Disamping harus berjibaku dengan banyaknya polusi, masyarakat perkotaan juga sering melakukan berbagai aktivitas baik itu untuk bekerja dan kegiatan lainnya hingga larut malam. Dengan gaya hidup yang sangat aktif ini, masyarakat kota pun cenderung mengalami kekurangan waktu tidur. Saat tubuh kekurangan waktu istirahat, maka kondisi tubuh pun akan menjadi kurang fit dan tidak begitu maksimal untuk melakukan berbagai kegiatan sepanjang hari. Untuk membuat badan kita kurang fit meskipun kita kurang tidur, kita bisa memakai beberapa trik berikut ini.



Jangan karena kita kurang tidur maka kita bangun tidur sesiang mungkin. Bangun siang justru dapat membuat jadwal harian kita menjadi kacau. Bangunlah pada jam biasanya mengingat suhu dan kondisi udara di pagi hari yang segar bisa membuat badan kita merasa segar. Hiruplah dalam-dalam udara pagi nan segar dan jangan ragu untuk menikmati sinar matahari setidaknya setengah jam lamanya. Sinar matahari pagi sangatlah memenangkan dan bisa memicu hormon bahagia dalam tubuh kita. Kita bisa memakan makanan ringan layaknya sandwich atau telur rebus. Kita juga bisa mengkonsumsi teh hijau yang kaya akan kandungan L-Theanine yang bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan segar sehingga kita siap melakukan berbagai aktivitas harian.

 Banyak yang berpikir bahwa dengan mengkonsumsi kopi kita bisa bersiap diri untuk beraktivitas meskipun kurang istirahat. Ternyata mengkonsumsi kafein aatau makanan kaya gula bisa membuat kita menjadi lemas dan lesu seharian. Memang, kafein dan makanan kaya gula bisa memberikan pasokan energi, namun, pasokan ini hanya bertahan sementara dan pada akhirnya kita akan lemas dan lesu seharian.

Baca Juga:  Hurthle Cell Cancer, Apakah Itu?

Untuk memastikan tubuh semakin fit, luangkan waktu untuk mengatur nafas saat bekerja. Tariklah nafas yang dalam dan panjang setidaknya 15 detik dan lalu keluarkan dengan perlahan. Darah pun akan kaya dengan oksigen dan tubuh anda pun tetap terjaga kesegarannya. Meskipun banyak trik untuk tetap fit dikala kita kekurangan waktu tidur, namun kita tentu harus memperhatikan waktu tidur kita. Trik ini sebaiknya hanya dipakai saat anda sesekali kekurangan tidur yang berkualitas. Jika ada kesempatan untuk tidur dengan cukup, maka jangan sia-siakan waktu tersebut untuk berbagai kegiatan yang kurang sehat.