Kurang Tertawa Bisa Berimbas Pada Kesehatan Mental

DokterSehat.Com – Sebagian orang masih menganggap beberapa orang yang cenderung mudah tertawa sebagai orang yang kurang dewasa dan tidak berpikir serius tentang kehidupannya. Memang, dalam kehidupan ini kita harus mampu menempatkan diri agar dapat melakukan beberapa hal dengan lebih serius agar bisa berhasil. Namun, pakar kesehatan justru mewanti-wanti mereka yang terlalu serius dengan hidupnya justru agar sedikit lebih rileks dan menikmati hidup dengan tertawa mengingat penelitian terbaru justru menunjukkan fakta bahwa kurang tertawa dan terlalu serius bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental.

doktersehat-konsultasi-Limfadenopati

Pakar kesehatan menyebutkan banyak tertawa bukan berarti kita menyepelekan berbagai hal. Banyak tertawa bisa didapatkan dengan menikmati berbagai hal-hal kecil dalam hidup namun tetap menyelesaikan berbagai hal yang penting. Dengan banyak tertawa, tubuh akan melepaskan hormon-hormon bahagia layaknya endorfin dan serotonin dalam jumlah yang sangat banyak. Banyaknya hormon ini akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dimana otak pun akan menjadi lebih baik dalam mencerna berbagai informasi, yang tentu akan sangat baik dalam menyelesaikan banyak tugas atau pekerjaan, dan juga mencegah munculnya depresi hingga sakit hati.

Tanpa disadari, mereka yang terlalu serius pada hidupnya justru akan memiliki kecenderungan lebih mudah sakit hati, merasa tersinggung, hingga tidak merasa bahagia. Jika hal ini berlanjut, maka kita pun beresiko mengalami gangguan kesehatan mental layaknya depresi yang parah yang ternyata juga bisa memicu berbagai penyakit fisik yang berbahaya.

Kunci untuk banyak tertawa bukanlah dengan menyepelekan berbagai hal yang dianggap penting dalam hidup. Namun, cobalah untuk menyempatkan diri untuk rileks setelah berkutat dengan berbagai kesibukan. Dari hal-hal kecil layaknya membaca komik, menonton acara komedi, hingga bersanda gurau dengan keluarga dan kawan-kawan, kita akan lebih mudah tertawa dan pada akhirnya kesehatan mental pun akan terjaga.