Kurang Protein Bisa Membuat Gejala Kesehatan Sebagai Berikut

DokterSehat.Com – Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi setiap hari adalah protein. Bagaimana tidak, protein memiliki pengaruh besar pada aktivitas sehari-hari, karena memang memiliki kemampuan dalam mempertahankan atau membangun otot. Sayangnya, kita terkadang kurang memenuhi kebutuhan protein harian sehingga pada akhirnya kita akan mengalami gejala kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-sehat-pria-nutrisi-tellur-susu-vitamin-kalsium-daging-telur

Lesu
Tanpa adanya protein yang cukup, kita ternyata bisa mengalami kondisi tubuh yang lesu dan terasa lelah sepanjang waktu. Pakar kesehatan Elizabeth Landsverk, MD, menyebutkan jika protein adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh bersama dengan zat besi dalam hal memproduksi hemoglobin, sel darah yang mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan protein akan berdampak pada menurunnya distribusi oksigen yang akan memicu tubuh menjadi mudah terasa lelah dan lesu setiap saat.

Luka Sulit Untuk Sembuh
Kekurangan asupan protein ternyata akan membuat luka yang ada pada kulit akan sulit untuk sembuh dengan cepat. Landsverk menyebutkan jika kurangnya protein juga akan berpengaruh besar pada kesehatan kulit mengingat tidak adanya nutrisi yang mampu memperbaiki jaringan kulit. Alhasil, kulit akan terlihat lebih kering dan lebih pucat.

Kaki Membengkak
Landsverk menyebutkan jika protein memiliki pengaruh besar pada pengendalian cairan pada jaringan tubuh karena berkaitan dengan kontraksi otot. Tanpa adanya protein, maka cairan akan kurang terdistribusikan pada area kaki atau pergelangan kaki sehingga akan membengkak.

Lebih Mudah Sakit dan Berat Badan Menurun
Protein ternyata juga dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi sistem kekebalan tubuh karena mampu mempertahankan sel-sel darah putih, salah satu benteng utama tubuh melawan penyakit dan berbagai macam infeksi. Kekurangan protein akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun dan membuat kita lebih mudah jatuh sakit. Tak hanya itu, kekurangan protein akan membuat massa otot menurun dan pada akhirnya ikut membuat berat badan ikut menurun.