Kurang Minum Bisa Menyebabkan Hal Berikut

DokterSehat.Com – Meskipun telah banyak diserukan oleh pakar kesehatan untuk memenuhi kebutuhan air minum harian setiap hari, masih banyak orang menyepelekan air minum. Bagi beberapa orang, rasa haus adalah sesuatu yang bisa ditunda begitu saja. Padahal, air minum akan sangat penting dalam menjaga tubuh terhidrasi dengan baik dan membuat berbagai sistem dalam tubuh tetap berjalan. Lantas, apa yang akan terjadi jika kita kurang minum setiap harinya? Berikut adalah tanda-tanda tubuh yang akan muncul jika kita kurang minum.

doktersehat-air-es-menganggu-pencernaan

Hal pertama dan yang paling memungkinkan terjadi pada tubuh yang kekurangan air adalah mulut yang kering. Saat kita berpuasa saja mulut kita terasa sangat lengket dan bisa memicu bau nafas yang sangat tidak sedap. Selain itu, tubuh juga akan cenderung lebih mudah lelah dan lesu seharian. Hal ini dikarenakan saat tubuh mengalami dehidrasi, maka darah pun akan menjadi cairan yang dipakai tubuh untuk mengatasi dehidrasi ini. Dengan minimnya darah yang beredar untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, maka tubuh kita pun akan cenderung lebih lesu, tidak segar, dan sangat mudah merasa lelah.

Jarang minum ternyata juga bisa berimbas buruk bagi kecantikan, khususnya dalam hal kelembaban kulit. Pakar kesehatan menyebutkan jika jika kita kurang memenuhi asupan air minum dalam sehari, maka kulit tubuh kita akan beresiko mudah kering dan berjerawat. Bahkan, pakar kecantikan menyebutkan jika salah satu penyebab cepatnya penuaan dini pada kulit adalah jika kita tidak meminum air dengan cukup dalam sehari.

Dampak buruk kekurangan air minum dalam tubuh adalah munculnya penyakit radang sendi. Tahukah anda, air ternyata ikut berperan besar dalam menjaga kesehatan tulang dan persendian mengingat setiap tubuh kita bergerak, persendian membutuhkan air untuk mencegah adanya gesekan antar tulang. Dengan kekurangan air putih, persediaan air sebagai pelumas pun akan semakin menurun dan kesehatan tulang dan persendian akan bermasalah.