Kurang Asupan Air Putih? Awas Resiko Hipertensi dan Obesitas

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan selalu menyarankan kita untuk memenuhi kebutuhan air minum harian demi kesehatan tubuh. Dengan adanya asupan cairan yang cukup, maka kita pun akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan berbagai sistem yang berjalan di dalam tubuh akan berjalan dengan lancar. Sayangnya, banyak dari kita yang karena adanya kesibukan atau hal lainnya cenderung kurang meminum air putih. Alhasil, kita pun akan memiliki resiko terkena berbagai masalah kesehatan layaknya mulut dan tenggorokan kering atau bahkan meningkatkan resiko terkena masalah tekanan darah tinggi dan obesitas. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-minum-air-putih-sehat

Saat kita merasa haus, maka otak sudah memberikan sinyal bagi kita untuk segera meminum air putih. Adanya air ini akan dipakai untuk menjaga kesehatan berbagai organ yang ada di dalam tubuh, khususnya organ kardiovaskular layaknya jantung atau pembuluh darah. Tahukah anda, dengan rutin meminum air setelah bangun tidur, meskipun itu hanya segelas saja, kita akan lebih baik dalam menjaga tekanan darah dalam kondisi yang normal sekaligus membuat sistem pencernaan kita menjadi lebih sehat?

Jika kita jarang minum, darah ternyata akan cenderung lebih kental dan hal ini bisa membuat tekanan darah meningkat dengan signifikan. Tak hanya itu, ada pula resiko peningkatan kadar kolesterol dalam darah karena tubuh secara alami melakukan respon ini mengingat banyaknya sel tubuh yang kehilangan air. Jika hal ini terjadi, maka kita pun akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung koroner.

Kurang minum juga diyakini akan meningkatkan resiko terkena masalah obesitas yang bisa berimbas menjadi kanker hingga diabetes tipa dua. Karena alasan inilah pakar kesehatan sangat menyarankan kita untuk menjaga asupan air putih setidaknya delapan gelas per hari.

Baca Juga:  Menjaga Diri dan Keluarga Dari Selesma

Ingat bahwa air putih adalah minuman terbaik yang akan membuat tubuh kita tetap sehat. Meskipun tidak seenak minuman botolan layaknya teh, jus, hingga minuman bersoda, air putih tidak memiliki kandungan gula dan garam yang cukup tinggi yang kurang baik bagi kesehatan tubuh kita.