Kunyit, Bahan Alami Mencegah Penyakit Hati

DokterSehat.Com – Kita mengenal kunyit sebagai salah satu rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan atau pewarna alami makanan. Dibalik kemampuannya dalam membuat makanan menjadi lebih sedap dan menarik ini, kunyit ternyata juga bisa bermanfaat dalam menjaga kesehatan hati. Seperti apakah manfaat kunyit tersebut?



Sebuah penelitian yang dilakukan di Austria menyebutkan jika kunyit yang kaya akan senyawa bernama curcumin ternyata mampu memperbaiki fungsi hati dengan baik. Sebagai informasi, hati beresiko terkena berbagai penyakit layaknya hepatitis, perlemakan hati, atau efek dari sumbatan pada saluran empedu. Yang menjadi masalah adalah, mengingat hati berperan besar dalam proses pembuangan racun dari tubuh, maka adanya gangguan kesehatan pada hati bisa berimbas buruk pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dalam penelitian ini, pakar kesehatan menggunakan tikus laboratorium yang mengalami gangguan saluran empedu sehingga terkena gejala awal kerusakan hati. Saat tikus-tikus tersebut diberi ekstrak kunyit, terlihat bahwa senyawa curcumin dari kunyit mampu mencegah penumpukan jaringan ikat yang bisa memicu peradangan pada saluran empedu yang bisa menyebabkan penyakit hati. Selain itu, gangguan kesehatan pada hati yang disebabkan oleh konsumsi ethanol, overdosis zat besi, atau keracunan karbon tetraklorida juga bisa dicegah dengan senyawa curcumin ini.

Tak hanya dengan mengkonsumsi kunyit yang kaya akan curcumin, kita juga bisa menjaga kesehatan hati dengan cara menjaga pola makan yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang dan rutin melakukan olahraga. Dengan melakukannya, kita akan menjaga berat badan tetap ideal. Sebagai informasi, kondisi kelebihan berat badan bisa memicu perlemakan hati atau pengerasan hati yang tentu saja bisa membahayakan fungsi ginjal. Selain itu, ada baiknya kita rutin melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk pada organ hati agar bisa menerapkan gaya hidup seperti apa yang bisa menjaga kesehatan salah satu organ terpenting pada tubuh kita ini.