Kunci Jantung Sehat

DokterSehat.Com – Jantung adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh. Jantung juga merupakan sebuah indikator dan tanda tanda kesehatan Anda secara keseluruhan. Dengan jantung yang sehat, Anda bisa mendapatkan kesehatan fisik dan mental yang baik.



organ ini melakukan banyak tugas, seperti memompa darah ke seluruh tubuh, dan mengatur sirkulasi darah pada umumnya. Selain tugas penting ini, ada banyak peran jantung bagi manusia. Karena perannya yang sangat penting, kesehatan jantung harus sangat diperhatikan.

Sayangnya, ada begitu banyak faktor dari luar yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan jantung, mulai dari makanan hingga gaya hidup. Beberapa orang yang tidak mawas dengan kesehatan jantungnya akhirnya harus berakhir menderita sakit jantung yang bisa berakibat fatal. Berbeda dengan penyakit lain, sekali anda mengalami masalah dengan jantung anda, maka akibatnya bisa saja kematian.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga jantung anda selalu sehat, dan salah satunya adalah dengan mengetahui rahasia memiliki Jantung Sehat. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memonitor dan menjaga kesehatan jantung, dan menurut para ahli, setidaknya ada sepuluh hal yang harus diperhatikan.

Kesepuluh hal inilah yang disebut sebagai kunci dari jantung sehat. Secara teknis, inti dari memiliki jantung yang sehat yang pertama adalah kadar kolesterol anda harus dibawah 200mg. Kolesterol adalah salah satu zat yang memang berpengaruh bagi kesehatan jantung, karena zat ini sifatnya menghalangi jalan darah dari dan ke jantung, melalui pembuluh darah. Selain itu, kadar LDL, yang biasa disebut sebagai kolesterol jahat, juga harus dibawah 150mg. Apabila kadar trigliserida anda dibawah 200mg, dan kadar HDl anda dibawah 50mg, maka jantung anda adalah jantung yang sehat.

Baca Juga:  Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Kunci dari jantung sehat secara teknis yang lain adalah apabila kadar gula postprandial tidak lebih dari 160mg, dan tekanan darah tidak lebih dari 140mmHg. Para ahli tidak hanya merumuskan kunci dari jantung yang sehat secara teknis; mereka juga memberi masukan, agar seseorang memiliki jantung yang sehat, dan ini berhubungan dengan kebiasaan dan gaya hidup.

Seperti yang disebutkan diatas, kolesterol adalah zat yang berbahaya bagi jantung, dan ini hanya terdapat pada makanan. Oleh karena itu, ada baiknya anda menghindari makanan yang mengandung kolesterol seperti gorengan dan makanan berlemak lainnya. Selain itu, olah raga dan tidak merokok juga merupakan Kunci Jantung Sehat.