Kumpulan bakteri menempel di gelas kantor

Doktersehat.com – Idealnya setiap orang mempunyai gelas sendiri untuk digunakan tiap harinya. Beda halnya bila Anda menggunakan gelas yang sudah disiapkan di kantor atau di restoran.



Orang akan menggunakan gelas secara bergantian meski sudah dicuci. Padahal, biasanya gelas yang disediakan di kantor atau restoran dicuci dengan spons yang telah digunakan untuk membersihkan piring atau gelas bekas banyak orang.

Bisa dibayangkan ada berapa banyak bakteri yang menempel pada gelas yang Anda gunakan di temapat umum seperti restoran atau kantor. Seorang profesor mikrobiologi lingkungan, Charles Gerba menyatakan bahwa koloni bakteri menempel dan berkembangbiak di tempat minum favorit yang digunakan di tempat kerja.

Untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan gelas di kantor. Gerba menyarankan supaya Anda memilih gelas yang hanya Anda pakai sendiri dan tidak digunakan bergantian bersama karyawan lainnya. Hal ini bertujuan untuk menekan penularan penyakit meski gelas sudah dicuci bersih.

Disarankan pula untuk membawa pulang gelas favorit Anda secara teratur untuk dicuci di rumah. Untuk membersihkannya, gunakan air panas dan satu sendok baking soda. Rendam semalaman gelas dalam air hangat yang sudah diberi baking soda. Lalu cuci gelas seperti biasa.

Walaupun terkesan merepotkan untuk membawa gelas ke rumah, namun hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda sendiri.

Bila Anda ingin yang lebih praktis, bawa saja gelas dari rumah yang sudah dicuci bersih untuk digunakan di kantor.

Sumber: merdeka.com