Kumis Sebagai Simbol Kanker Prostat

DokterSehat.Com – Ladies, Anda pasti sudah mengetahui bahwa beberapa penyakit mempunyai simbol tersendiri yang unik. AIDS mempunyai simbol pita hitam, sedangkan kanker payudara mempunyai simbol pita pink yang identik dengan wanita. Namun saat ini, ada sebuah penyakit yang mempunyai simbol tersendiri.



Penyakit yang disimbolkan dengan suatu tanda memang identik dengan penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Salah satu penyakit yang sangat mematikan adalah kanker prostat. Tercatat, sekitar 7,6 juta kematian secara global akibat penyakit yang khusus menyerang di pria ini.

Oleh karena itu di tahun 2003, 2 laki-laki bersaudara asal Australia memotong kumis mereka secara unik untuk meningkatkan kesadaran para pria tentang kanker prostat. Kemudian gerakan ini menyebar hingga ke Jerman, Italia, Swiss, Singapura, Prancis, dan Israel.

Kanker prostat terjadi ketika sel-sel normal yang ada di dalam satu atau kedua testis berubah menjadi sel abnormal dan kemudian menjadi kanker. Hal ini biasanya dipicu karena berbagai macam hal seperti faktor usia, genetika, diet, obesitas, dan juga efek samping dari obat-obatan kimia.

Jadi apabila kanker payudara ditandai dengan pita berwarna merah muda, kanker prostat ditandai dengan bentuk kumis yang unik. Kumis ini dapat menjadi semacam pengingat bagi mereka untuk meningkatkan kewaspadaan mereka akan kanker prostat dan pastinya lebih peduli dengan kesehatan mereka.