Kuman Banyak Ditemukan Pada Bagian Tubuh Berikut

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika kuman hanya akan ditemui pada benda-benda yang banyak berada di sekitar kita dan tubuh kita baru memiliki kuman ini jika menyentuh benda-benda tersebut. Dalam realitanya, tubuh kita ternyata juga memiliki spot-spot khusus yang menjadi tempat favorit kuman, bakteri, atau bahkan jamur, apalagi jika kita termasuk dalam orang yang tidak terlalu rajin membersihkan badan. Dimana sajakah tempat yang berpotensi menjadi sarang kuman yang bisa menyebabkan penyakit tersebut?

doktersehat-ambeien-wasir-hemoroid-hematuria

Kuku adalah tempat pertama yang ternyata memiliki kemungkinan besar menjadi tempat bersarangnya kotoran, kuman, atau bahkan bakteri. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan kuku pada tangan atau kaki untuk menyentuh lebih banyak benda dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya. Kuku tangan sendiri bisa terkontaminasi kuman dari berbagai tempat. Jika kita tidak menjaga kebersihan kuku, apalagi tetap membiarkannya panjang, maka kuku pun akan menjadi tempat yang ideal bagi kuman dan bakteri. Jika kita sering makan tanpa cuci tangan dan membersihkan bagian kuku, kuman dan bakteri pun beresiko menyebabkan berbagai penyakit. Selain itu, kuku sendiri juga bisa terkena masalah infeksi dan jamur yang tentu membuatnya rusak.

Bagian tubuh kedua yang bisa menjadi sarang kuman adalah pantat. Sudah menjadi rahasia umum jika pantat adalah tempat dimana kotoran manusia akan dibuang dan kadang kala kita tidak bisa benar-benar membersihkan pantat kita dengan benar setelah buang air besar sehingga bisa menjadi tempat ideal bagi kuman dan bakteri. Sebisa mungkin cobalah untuk membersihkan pantat dengan sabun setiap kali setelah buang air besar untuk mencegah kontaminasi kuman dan bakteri.

Pusar seringkali kita biarkan kotor begitu saja meskipun sudah memiliki kotoran yang memutih. Padahal, di dalam pusar yang jarang dibersihkan bisa mengandung 2.000 jenis bakteri yang tentu bisa memicu berbagai penyakit. Cobalah untuk rajin membersihkan pusar saat kita mandi untuk menghindari hal ini. Selain itu, beberapa bagian tubuh yang banyak memiliki sek kulit mati layaknya rambut juga bisa menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Rajin-rajinlah mencuci rambut agar terhindar dari berbagai macam penyakit atau bahkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala.