Tips Mengatasi Kulit Wajah yang Gatal dengan Bahan Alami

DokterSehat.Com– Kulit yang terasa gatal memang kerap membuat Anda sebal. Apalagi sensasi rasa gatal yang kerap dibarengi dengan rasa panas membuat Anda tidak nyaman. Bicara soal kulit yang gatal, ternyata kondisi tersebut bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Mulai dari reaksi alergi, kulit yang kering hingga penggunaan produk yang kurang tepat kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut dapat diatasi dengan sejumlah bahan alami seperti berikut.

1. Gel Lidah Buaya

Dilansir dari laman Healthline, salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang gatal adalah lidah buaya. Bahan satu ini akan memberikan sensasi rasa dingin saat diaplikasikan pada kulit. Sensasi dingin inilah yang mampu meredakan rasa gatal sekaligus peradangan atau ruam yang terjadi.

2. Menthol

Selain gel lidah buaya, Anda juga dapat menggunakan menthol. Menthol dikenal sebagai salah satu bahan yang memberikan rasa sejuk atau dingin saat diaplikasikan pada kulit. Hal inilah yang akan membantu meredakan rasa gatal, baik yang disebabkan oleh jerawat, gigitan serangga hingga reaksi alergi.

3. Es Batu

Selain dua bahan di atas, Anda juga dapat menggunakan es batu. Suhu rendah es batu akan membantu meredakan rasa gatal yang ditimbulkan. Selain itu, es batu juga dapat mengecilkan pembuluh darah yang meredakan dan mengurangi ukuran ruam yang disebabkan. Kendati demikian, jangan mengaplikasikan es batu secara langsung pada kulit. Masukkan es batu pada kantong kain atau plastik yang bersih agar kulit tidak mengalami iritasi.

Kulit yang gatal memang kerap membuat Anda tidak nyaman. Apalagi jika rasa gatal tersebut tidak kunjung hilang. Akibatnya Anda justru akan menggaruk kulit hingga menimbulkan luka terbuka. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menjajal sejumlah bahan-bahan di atas untuk mengatasi kulit yang gatal.