Kulit Sekitar Mata Seperti Ini Tanda Kolesterol Tinggi?

DokterSehat.Com– Jika anda mengalami kondisi yang aneh pada kulit di sekitar kelopak mata, yakni berupa adanya bercak tebal yang bisa muncul pada bagian atas atau bawah mata dan bisa meluas hingga bagian atas hidung, maka anda sedang terkena masalah yang disebut sebagai xanthelasma.



Bercak xanthelasma ini memiliki warna putih sedikit kekuningan dengan permukaan yang rata dan berupa kulit yang menebal dengan tekstur yang agak kenyal namun lebih keras jika dibandingkan dengan kulit yang normal. Saat disentuh, bercak ini tidak akan terasa sakit. Namun, bercak ini tentu akan membuat penampilan kulit wajah menjadi sangat jelek dan terkesan jorok.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bercak xanthelasma ini disebabkan oleh tingginya kandungan lemak pada tubuh. Timbunan lemak yang sebelumnya ada di dalam kulit akhirnya timbul pada permukaan kulit. Yang menjadi masalah adalah, pakar kesehatan menganggap bercak xanthelasma ini sebagai tanda akan adanya masalah kadar lemak atau kolesterol tinggi pada tubuh yang sangat berbahaya.

Xanthelasma sendiri bisa diobati dengan cara menjalani prosedur operasi, baik itu operasi minor atau dengan prosedur kauter atau pembakaran dengan peralatan khusus dan bahan kimia tertentu. Pakar kesehatan sangat tidak menyarankan pengelupasan bercak xanthelasma seorang diri tanpa bantuan medis karena bisa memicu datangnya infeksi dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Untuk mencegah datangnya bercak xanthelasma ini, ada baiknya kita menjaga pola makan yang sehat, khususnya dengan tidak mengkonsumsi makanan yang berlemak terlalu banyak. Selain itu, pastikan juga untuk rutin melakukan olahraga demi menjaga kadar lemak dan kolesterol tetap dalam kondisi yang seimbang.