Kulit Keriput Bisa Disebabkan Oleh Kebiasaan-Kebiasaan Berikut

DokterSehat.Com – Meskipun merupakan hal yang alami, setiap orang, khususnya kaum wanita tentu tidak ingin mengalami masalah keriput pada kulitnya. Banyak wanita yang bahkan rela menghabiskan cukup banyak uang demi membeli produk-produk kecantikan yang bisa membuat kulitnya tetap awet muda dan cantik tanpa adanya berbagai masalah layaknya kulit keriput. Tahukah anda, kita sebenarnya bisa mencegah masalah kulit keriput jika kita mau menghindari beberapa kebiasaan buruk sehari-hari seperti sebagai berikut.

shutterstock_350641364 copy

Kita sering berpikir jika kita cukup membersihkan wajah dengan sabun dengan frekuensi yang cukup sering, maka kita akan mendapati kulit kita lebih segar dan bersih. Padahal, dalam realitanya, membersihkan wajah dengan sabun yang terlalu sering bisa memicu masalah kulit kering yang pada akhirnya menyebabkan masalah kulit keriput. Setidaknya, bersihkanlah wajah dengan sabun saat mandi atau sebelum tidur saja sehingga kesehatan kulit pun akan tetap terjaga.

Hal berikutnya yang bisa memicu masalah kulit keriput adalah jika kita sering menyedot minuman dengan sedotan. Beberapa orang memilih memakai sedotan, khususnya saat memakai gelas minuman di restoran atau warung-warung karena tidak ingin bibirnya menyentuh gelas yang dianggap kurang bersih. Padahal, dengan memakai sedotan kita bisa membuat gerakan wajah yang menarik kulit sehingga bisa memicu keriput. Menyipitkan mata akibat malas memakai kacamata hitam juga bisa menyebabkan masalah yang sama.

Sebuah penelitian di Kanada juga menunjukkan fakta menarik dimana orang dewasa yang cenderung duduk dalam waktu yang lama, layaknya pekerja kantoran, akan cenderung memiliki resiko menurunkan kesehatan kulit dengan cepat. Untuk menghindarinya, cobalah untuk rutin melakukan olahraga selama 30 menit setidaknya dua kali dalam seminggu. Selain itu, cobalah untuk lebih membatasi konsumsi makanan dari produk daging atau susu dan alkohol. Sebaliknya, cobalah untuk memperbanyak konsumsi sayur, kacang-kacangan, hingga ikan yang diyakini akan mempu mencegah kulit dari kerusakan layaknya keriput.