Kulit Kepala Bau Bisa Diatasi Dengan Cara Berikut

DokterSehat.Com – Seringkali kita menganggap rambut dan kulit kepala yang sehat dari bentuk fisik rambut yang lebat dan tidak mudah rontok. Selain itu, kulit kepala yang bebas dari ketombe atau bahkan minyak yang berlebih juga menunjukkan kondisi kepala yang sehat. Namun, kita agak karang membicarakan tentang bau pada rambut atau kulit kepala. Padahal, kulit kepala yang bau bisa membuat kepercayaan diri seseorang akan menurun. Apakah ada cara untuk mengatasi bau pada kulit kepala dengan efektif?

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit kepala menjadi bau. Namun, sebagian besar diantaranya adalah dikarenakan oleh kulit kepala dan rambut yang tidak bersih. Tanpa kita sadari, kegiatan sehari-hari kita bisa membuat rambut dan kulit kepala menjadi kotor. Sebagai contoh, polusi udara saat kita berjalan di luar ruangan atau bahkan saat tanpa sengaja tangan kita yang kotor mengusap rambut atau menggaruk kulit kepala. Kotornya kulit kepala dan rambut ini bisa menimbulkan bau yang tidak sedap, apalagi jika kepala sering berkeringat karena sering beraktifitas fisik, memakai helm, atau memakai penutup kelapa.

Untuk mengatasi kulit kepala yang bau, kita tentu harus rajin membersihkan rambut dengan shampoo. Jika aktifitas harian kita bisa membuat rambut mudah kotor, tidak ada salahnya melakukan keramas setiap hari meskipun hal ini bisa memicu hilangnya kelembaban kulit kepala dengan signifikan. Cobalah untuk memakai keramas atau kondisioner yang bisa membuat rambut menjadi lebih sehat dan lembab. Jika diperlukan, shampoo yang memiliki kandungan anti jamur atau anti bakteri juga akan cukup baik dalam mengatasi kulit kepala yang bau.

Jika mampu, cobalah untuk menjaga kepala dalam kondisi dingin. Jika memakai hijab, cobalah untuk memakai bahan hijab yang tidak membuat kulit kepala dan rambut terlalu gerah sehingga. Selain itu, cobalah untuk memberikan waktu bagi kulit kepala dan rambut untuk bernafas jika kita sering memakai helm atau topi. Selain itu, banyak-banyaklah mengkonsumsi air putih sehingga tubuh pun terhidrasi dengan baik.