Kulit Jari Sering Mengelupas? Kenali Penyebab dan Perawatannya

DokterSehat.Com – Kulit pada jari terkadang bisa mengelupas dengan sendirinya. Meskipun terlihat menakutkan, banyak orang yang menganggap bahwa mengelupasnya kulit pada jari sebagai hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Padahal, ada banyak sekali penyebab dari mengelupasnya area kulit pada jari, khususnya pada area ujung jari yang lebih sensitif dari area kulit lainnya. Apa sajakah penyebab mengelupasnya kulit pada jari?

doktersehat-dermatitis-kontak-Porfiria-kanker-kulit

Bisa Disebabkan Penyakit Kulit
Meskipun tergolong jarang, penyakit kulit layaknya psoriasis dan juga eksim ternyata bisa membuat kulit jari terkelupas dan mudah berganti kulit dalam waktu yang relatif cepat. Psoriasis sendiri memang bisa membuat pergantian kulit menjadi lebih cepat, sementara itu, eksim justru membuat kulit mudah sekali terkelupas. Selain karena penyakit, kulit yang terkelupas juga bisa dikarenakan penggunaan bahan kimia layaknya sabun cuci yang bisa mempengaruhi pengelupasan kulit. Selain itu, suhu dingin yang ekstrim yang kering atau bahkan karena suhu panas dan terbakar sinar matahari dalam waktu yang lama ternyata bisa membuat kulit mudah terkelupas.

Penyakit psoriasis dan eksim akan membuat kulit jari mengalami pergantian kulit dengang sangat cepat dan ditandai dengan rasa kering pada area ujung jari. Rasa kering dan menebal ini kemudian diikuti dengan pengelupasan kulit dan bahkan diiringi dengan warna kemerahan dan rasa gatal. Jika anda tidak ingin pengelupasan pada jari kulit terjadi dengan cepat, kita bisa melakukan beberapa hal berikut.

Perawatan dan Pencegahan
Gunakanlah pelembab kulit dengan rutin dan jangan lupakan area jari tangan agar kulit pada area tersebut menjadi lebih lembab dan sehat. Disamping itu, anda bisa merendam jari tangan dengan air hangat saat kulit mulai mengelupas sehingga kulit yang awalnya kering menjadi lebih lembab. Bahkan, jika air hangat dicampurkan dengan madu atau minyak zaitun, maka kulit sudah mendapatkan pelembab alami yang bisa membuat pencegahan terkelupasnya kulit. Selain pelembab, kita juga bisa menjauhi beberapa minuman layaknya minuman ringan, alkohol, hingga minuman berkafein karena ternyata minuman tersebut bisa mempengaruhi kelembaban kulit dan frekuensi pengelupasan kulit.

Baca Juga:  Apakah Aman Jika Memakai Masker Wajah Setiap Hari?