Kulit dan Rambut Juga Bisa Terkena Dampak Dari Stress

DokterSehat.Com – Membicarakan tentang stress, maka kita tentu akan langsung mengaitkan istilah ini dengan kesehatan mental. Stress sendiri bisa akan berimbas langsung pada kesehatan tubuh. Memang, kebanyakan orang hanya akan berpikir jika stress akan memicu masalah pada organ-organ tubuh. Padahal, anggota badan lain layaknya rambut dan juga kulit juga bisa mendapatkan dampak negatif jika seseorang kurang menjaga tubuhnya dengan baik dan mudah terkena stress.

doktersehat-kulit-keriput-sinar-ultraviolet-kanker

Stress pada kulit, khususnya pada wajah akan bisa memicu masalah penuaan dini. Saat seseorang terkena stress, maka mukanya pun akan cenderung terlihat lebih banyak mengeluarkan kerutan dan bahkan menciptakan lingkaran hitam pada area mata sehingga penampilannya pun akan kurang enak dipandang dan cenderung terlihat jauh lebih tua. Selain itu, kulit juga akan menjadi rentan terkena jerawat. Jerawat-jerawat baru akan muncul saat seseorang terkena stress yang berlebihan sehingga muncullah hormon kortisol yang memicu banyaknya jerawat yang muncul pada tubuh. Hormon ini sendiri diyakini akan memicu produksi minyak alami pada wajah sehingga semakin memudahkan munculnya jerawat.

Selain pada kulit, stress juga akan secara langsung berpengaruh pada kondisi rambut kita. Stress akan memicu masalah pada pembuluh darah, khususnya yang ada di bagian kepala sehingga folikel rambut pun akan kekurangan nutrisi serta oksigen yang dibutuhkan rambut untuk menjaga kesehatannya. Pada akhirnya, rambut pun akan mudah mengalami kerontokan dan memicu kebotakan.

Untuk mengatasi hal ini, pakar kesehatan berpendapat jika kita sebaiknya mulai pandai-pandai menata stres kita. Kita bisa melakukan kegiatan yang membuat pikiran menjadi lebih santai dan meredakan stress layaknya melakukan meditasi, yoga, atau bahkan mendapatkan pemijatan dan terapi lainnya. Selain itu, perbaikilah pola makan dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan asam omega-3. Selain itu, cobalah untuk memperbaiki mood dengan rutin berolahraga dan juga mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap harinya.