Kulit Cantik, Dimulai Sebelum Anda Tidur

DokterSehat.com– Kulit sebagai lapisan permukaaan tubuh paling luar berfungsi sebagai pelindung organ-organ tubuh di dalamnya. Kulit pun berfungsi untuk memperelok penampilan seseorang. Kulit yang sehat, lembab, dan bercahaya akan terlihat indah. Terutama kaum wanita yang selalu menginginkan kulit yang sehat dan cantik. Kulit memang rentan terhadap kondisi udara dan cuaca, terlebih di iklim tropis. Sinar matahari menyebabkan pigmentasi kulit yang mengakibatkan warna kulit tidak merata. Sedangakn jika Anda terbiasa berada diruangn ber-AC akan membuat kulit menjadi kering, karena kelembaban yang berkurang.

3

Untuk menjaganya agar tetap sehat dan lembab dibutuhkan perawatan kulit secara teratur sesuai dengan jenis kulit. Tidak hanya kondisi cuaca dan udara saja, kulit pun akan berkurang kadar kelembabannya seiring dengan pertambahan usia. Salah satu cara untuk merawatnya adalah dengan memakai lotion yang mengandung bahan khusus untuk kulit.  Pemakaian lotion sebaiknya minimal dua kali sehari. Gunakan lotion di pagi hari setelah mandi, sebelum Anda beraktivitas. Setelah mandi adalah saat yang tepat karena senyawa kimia dalam sabun mandi ternyata membuat kulit menjadi kering, sehingga lotion akan melembabkan kulit. Pada lotion yang mengandung SPF (Sun Protection Formula) akan melindungi kulit Anda terkena paparan langsung sinar matahari.

Sementara itu, lotion pun dibutuhkan kulit di malam hari. Sangat penting untuk memakai lotion sebelum tidur di malam hari. Pada malam hari, kulit akan bekerja keras meregenerasi sel-selnya. Saat tidur proses metabolisme dan penguapan cairan dari dalam tubuh akan bekerja lebih cepat, sehingga kadar kelembaban kulit akan menghilang secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan saat tidur tidak ada asupan air yang masuk ke dalam tubuh. Sebagai gantinya penggunaan lotion sebelum tidur akan menghambat penguapan cairan dari dalam kulit dan mengeluarkan secara perlahan.

Baca Juga:  Tips Agar Badan Selalu Sehat Dan Bugar

Pada malam hari, sangat direkomendasikan untuk tidur sebelum pukul 22.00, karena pada saat itu sel-sel kulit akan membelah dengan baik. Namun jika Anda masih beraktivitas, energi yang digunakan untuk beregenerasi menjadi kurang maksimal dalam merawat kulit. Lotion yang digunakan pun sebaiknya khusus untuk penggunaan malam hari, karena kandungannya berbeda dengan lotion yang digunakan di siang hari. Dapatkan kulit lembab dan halus dengan perawatan yang teratur dan maksimal.