Kulit Buah yang Sedang Musim Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kolesterol

doktersehat-teh-rempah

DokterSehat.ComРSekelompok mahasiswa yang berasal dari Universitas PGRI Semarang yang sedang menjalani program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mendorong warga Desa Platar, Jepara, Jawa Tengah untuk menjadikan kulit rambutan, buah yang sedang musim belakangan ini, sebagai bahan teh yang ekonomis dan nikmat. Yang tidak disangka adalah, teh dari kulit rambutan ini ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Teh yang kemudian diberi nama teh kutan, singkatan dari kulit rambutan ini tinggal diseduh dengan air dan memiliki rasa yang mirip layaknya teh yang biasa kita konsumsi. Hanya saja, ada aroma khas rambutan dan sedikit sensasi pahit serta asam.

Selama ini, kulit rambutan kerap kali dianggap sebagai sampah yang tidak berguna. Padahal, saat musim rambutan seperti sekarang ini, sampah rambutan bisa menumpuk di berbagai tempat akibat dari banyaknya produksi buah rambutan di berbagai daerah. Tak hanya dijadikan sebagai teh, kulit rambutan ternyata juga bisa diolah menjadi bahan baku sirup. Sementara itu, biji rambutan yang dikenal keras ternyata juga bisa diolah menjadi emping.

Untuk membuat teh dari kulit rambutan, Sumini Mina Wati, koordinator Mahasiswa yang melakukan kegiatan KKN di Desa Platar, Jepara menyebutkan bahwa kita hanya perlu mengiris tipis kulit rambutan dan mencucinya hingga bersih. Setelahnya, kulit rambutan dijemur dua atau tiga hari hingga kering dan warnanya berubah menjadi cokelat tua. Kulit rambutan yang sudah kering inilah yang tinggal diseduh dengan air dan bisa menghasilkan teh yang nikmat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Apakah Anda tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? Selagi masih ada banyak rambutan dimana-mana lho.