Kulit Buah-Buahan Ini Ternyata Menyimpan Berbagai Nutrisi yang Menyehatkan

DokterSehat.Com – Banyak dari kita yang pada saat mengkonsumsi buah-buahan memilih untuk mengupasnya terlebih dahulu. Memang, kulit buah seringkali terasa tidak enak dan adanya ketakutan akan bahan pestisida atau kuman dan bakteri yang menempel pada kulit buah menjadi alasan utama mengapa kita mengupasnya. Namun, tahukah anda jika ada beberapa jenis kulit buah yang ternyata mengandung berbagai nutrisi yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh? Berikut adalah diantaranya.

doktersehat-buah-apel

Kulit buah apel
Ada sebagian orang yang mengkonsumsi buah apel dengan cara menggigitnya secara langsung tanpa mengupasnya, namun banyak pula yang mengupasnya terlebih dahulu. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika buah apel sebaiknya dikonsumsi secara langsung tanpa perlu mengupasnya terlebih dahulu karena kulitnya ternyata kaya akan kandungan serat yang tentu akan sangat baik bagi sistem pencernaan. Selain itu, ada pula kandungan lain yang akan mendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit kanker.

Kulit buah pepaya
Buah pepaya sudah dikenal luas sebagai buah yang sangat baik bagi kesehatan saluran pencernaan. Namun, tahukah anda jika kulit buah pepaya juga memiliki manfaat yang sama? Pakar kesehatan menyebutkan jika kulit buah pepaya memiliki kemampuan untuk membersihkan racun dan limbah lainnya di dalam usus dengan efektif.

Kulit buah semangka
Buah semangka yang segar biasanya ditutupi oleh bagian putih dan kulit yang cenderung lebih keras. Namun, tahukah anda jika bagian putih buah semangka ini sangat baik untuk dikonsumsi karena bisa menurunkan berat badan, menjaga kesehatan kulit, dan membuat rambut kita menjadi lebih sehat?

Kulit buah pisang
Kita seringkali membuang kulit pisang ke tempat sampah dan hanya menikmati daging buahnya saja. Padahal, kita bisa memaksimalkan kulit buah pisang sebagai pemutih gigi alami jika kita menggosoknya dengan teratur. Kulit buah pisang juga bisa menjadi pereda luka bakar dan masalah ruam-ruam pada kulit.

Baca Juga:  Pria Dengan Lingkar Leher Besar Beresiko Terkena Masalah Kesehatan Jantung

Kulit buah jeruk
Kulit buah jeruk ternyata kaya akan kandungan vitamin C dan berbagai antioksidan yang akan sangat baik untuk dikonsumsi. Nutrisi dari kulit buah jeruk diyakini akan sangat baik dalam membantu pembakaran lemak tubuh, menurunkan sembelit, dan menyehatkan saluran pernafasan.