Kulit Berminyak Yang Berlebihan

DokterSehat.Com – Setiap orang tentu menginginkan tampilan wajah yang cerah dan berseri-seri. Sayangnya, sebagian orang memiliki masalah pada kulit wajah layaknya jerawat yang sangat banyak atau bahkan muka yang cenderung kusam sehingga mengurangi rasa percaya diri. Jerawat dan juga kulit yang kusam kerap disebabkan oleh adanya kondisi kulit wajah yang terlalu berminyak. Biasanya, kulit yang mengandung minyak berlebihan juga membuat pori-pori kulit cenderung membesar dan juga membuat muka sangat mengkilat yang tentu saja semakin memperburuk tampilan muka.

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Kulit yang mengandung minyak terlalu banyak bisa disebabkan oleh faktor keturunan atau genetika. Disamping itu, kebiasaan makan yang kurang sehat dan juga karena ketidakseimbangan hormon juga bisa menjadi penyebab wajah berminyak. Sebagai contoh, kadar gula, garam, dan air pada makanan yang dikonsumsi bisa menyebabkan wajah terlihat sangat berminyak. Sementara itu, kondisi hormon yang bisa berubah dan tidak seimbang juga bisa memicu banyaknya kadar minyak di lapisan kulit yang bisa menyebabkan masalah kulit kusam, mengkilat, dan bahkan jerawat dalam jumlah yang banyak.

Untuk mengatasi kulit berminyak ini, kita tentu harus rajin-rajin membersihkan muka dengan memakai sabun muka dengan pH seimbang dan sesuai dengan kondisi kulit yang mampu membuat kadar minyak di kulit menjadi lebih seimbang. Kita tentu tidak bisa menghilangkan minyak pada kulit wajah mengingat minyak juga dibutuhkan oleh kulit. Saat membasuh muka, ada baiknya juga kita memakai air hangat yang bisa mencegah muka menjadi terlalu kering. Selain sabun muka, kita juga bisa menambah produk pelembab. Namun, ada baiknya penggunaan pelembab tidak berlebihan agar pori-pori tidak semakin tertutup dan justru menambah kadar minyak. Penggunaan masker layaknya masker tomat atau masker mentimun juga diyakini mampu menurunkan kadar minyak pada kulit wajah.

Baca Juga:  Agar Payudara Sehat, Wanita Sebaiknya Memperbanyak Asupan Sayuran Hijau

Selain membersihkan muka, kita juga bisa meminum banyak air putih untuk membuat kulit menjadi lebih segar. Disamping itu, diet yang seimbang dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah dan menghindari makanan beralkohol dan soda juga bisa membuat tampilan wajah menjadi lebih baik. Selain itu, anda harus menjaga pikiran dari berbagai stress mengingat stress dapat menyebabkan kandungan minyak berlebih pada kulit wajah.