Hal Yang Mempercepat Penuaan Kulit

DokterSehat.Com – Semua wanita tentu ingin mendapatkan tampilan fisik yang terbaik hingga usia yang tua. Dengan tampilan fisik yang baik, wajah yang awet muda, dan kulit yang selalu terlihat cantik, maka wanita tentu akan mendapatkan kepercayaan diri untuk melakukan berbagai aktifitas bersama keluarga, teman-teman, dan koleganya. Sayangnya, banyaknya aktifitas dan gaya hidup ternyata bisa menyebabkan kulit wajah menjadi mudah terlihat lebih tua meskipun usia anda masih belum terlalu tua.

doktersehat-makeup-wajah-wanita

Kulit yang mudah menua ternyata dipengaruhi oleh banyak hal. Namun, secara umum, psikologis, gaya hidup, hingga kurangnya nutrisi pada kulit menjadi penyebab utama dari kulit yang menua. Kulit yang menua akan cenderung kusam dan mudah berkeriput sehingga banyak wanita pun merasa tidak percaya diri dengan tampilannya sendiri. Stress ditengarai menjadi penyebab utama dari semakin menuanya kulit. Meskipun terlihat sepele, stress ternyata bisa membuat nutrisi yang dibutuhkan oleh kesehatan kulit layaknya vitamin C yang membentuk kolagen kulit justru diambil oleh hormon stress sehingga kulit pun mengalami kekurangan nutrisi.

Jika anda adalah orang yang suka meminum alkohol, tubuh akan mudah mengalami dehidrasi sehingga kadar vitamin B dan magnesium yang mampu menjaga kesehatan kulit pun habis untuk menyeimbangkan kadar cairan tubuh. Selain itu, kurangnya lemak pada tubuh ternyata juga berpotensi untuk membuat kulit menjadi bersisik dan kering. Mengapa hal ini terjadi? Lemak inilah yang nantinya akan memproduksi minyak pada kulit sehingga kulit menjadi lembab dan bercahaya sehingga jika terjadi kekurangan lemak, maka kulit pun menjadi terlihat tua.

Untuk membuat kulit tetap dalam kondisi yang baik dan tidak menua, maka anda bisa memperbaiki asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Sebagai contoh, kita harus mengkonsumsi vitamin C, vitamin B kompleks, atau magnesium dengan cukup. Beberapa produk perawatan kulit yang memberikan gizi bagi kulit juga bisa diimbangi dengan istirahat yang cukup, setidaknya lebih dari enam jam sehingga proses peremajaan kulit pun bisa dilakukan dengan lancar sehingga kulitpun tetap dalam kondisi yang sehat dan awet muda.

Baca Juga:  Gatal-Gatal di Kepala Tidak Selalu Disebabkan Oleh Ketombe