Kubis, Sayuran Sehat yang Bisa Mencegah Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum hawa adalah kanker payudara. Bagaimana tidak, penyakit ini sangatlah mematikan dan cenderung sangat sulit untuk diobati. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika kanker payudara bisa disebabkan karena gaya hidup tidak sehat, serta seringnya terkena paparan radikal bebas dan juga berbagai zat karsinogen. Padahal, kehidupan modern membuat kita kerap terkena hal-hal tersebut bukan?

doktersehat-sayur-sehat-makan

Apakah tidak ada cara untuk mencegah kanker payudara dengan lebih baik? Pakar kesehatan menyebutkan jika selain harus menerapkan gaya hidup yang sehat, kita juga sebaiknya mulai menerapkan pola makan yang sehat dengan gizi yang berimbang, khususnya dengan mengkonsumsi sayuran sehat. Untuk mencegah kanker payudara dengan lebih baik, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi sayuran yang berasal dari keluarga kubis.

Keluarga dari sayuran kubis sangat akrab kita temui dalam makanan sehari-hari. Sebagai contoh, kembang kol, selada, bok choy, atau bahkan brokoli tentu kerap kita olah sebagai lauk dan bahkan ditemui sebagai sayuran pada beragam menu di tempat makan. Pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika sayuran dari keluarga kubis memiliki semacam senyawa kimia yang disebut sebagau sulforaphane, semacam senyawa yang mampu mencegah berbagai penyakit kanker, termasuk diantaranya adalah kanker payudara. Penelitian terbaru bahkan menyebutkan jika senyawa kimia ini secara efektif mampu membunuh berbagai sel kanker tanpa mempengaruhi sel-sel tubuh yang masih dalam kondisi sehat.

Untuk mendapatkan efek pencegahan kanker payudara yang maksimal, ada baiknya kita memperhatikan cara mengolah kubis dengan baik. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mencuci kubis dengan bersih sehingga tidak lagi ada kotoran yang tersisa sebelum dimasak. Selain itu, pastikan bahwa kita tida memasaknya terlalu matang sehingga nutrisi dan senyawa kimia sulforaphane tidak menghilang selama proses memasak.