Kriteria Kesehatan Vagina Sesuai dengan Usia Wanita

penyebab jerawat di vagina

DokterSehat.Com – Kesehatan dari vagina adalah perkara yang cukup rumit karena organ ini sebagian besar ada di dalam. Beberapa wanita selalu menganggap kalau vagina yang sehat tidak memiliki bau yang kuat serta tidak keluar cairan yang abnormal. Asal memiliki dua hal itu, wanita akan menganggap tidak ada masalah terjadi.

Lantas, apakah kesehatan vagina hanya dilihat dari dua hal di atas? Jawabannya adalah tidak. Simak beberapa kriteria kesehatan vagina sesuai dengan usia seperti yang disarikan dari Step to Health di bawah ini.

1. Wanita Usia 20 Tahun

Ada beberapa kriteria vagina sehat kalau Anda adalah wanita dengan usia 20 tahunan. Pertama, vagina harus elastis dengan kadar cairan pelumas tinggi saat terangsang. Kalau sampai vagina mengalami kekeringan berarti terjadi masalah dan harus segera diselesaikan.

Selanjutnya vagina juga memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Kalau keasaman dari vagina terganggu, infeksi yang tidak diinginkan bisa saja terjadi.

2. Wanita Usia 30 Tahun

Pada usia 30 tahun, vagina akan mengalami perubahan warna khususnya di area labia. Perubahan warna yang lebih gelap ini adalah hal yang wajar sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkannya.

Selanjutnya, wanita dengan usia 30 tahun biasanya sudah melahirkan dan elastisitas vaginanya menurun. Kondisi ini juga masih terbilang wajar asal wanita tidak mengalami kekeringan vagina.

3. Wanita Usia 40 Tahun ke atas

Memasuki usia 40 tahun dan seterusnya akan ada perubahan besar dari vagina. Organ ini akan menjadi lebih kering dari biasanya. Saat bercinta wanita juga sering mendapatkan rasa sakit dan juga mengalami perdarahan.

Pada usia ini rajin-rajinlah menjaga kesehatan vagina. Kondisi rongga vagina berubah membuat wanita lebih rentan terkena penyakit menular seksual dan aneka infeksi lainnya.

Inilah kriteria kesehatan vagina sesuai dengan usia. Semoga bisa Anda gunakan rujukan untuk merawat area kewanitaan.