Kriptorkidisme Penyakit Pada Organ Reproduksi Pria

DokterSehat.Com – Berbeda dengan penyakit pada organ reproduksi pria yang lain, yang umumnya menyerang pria yang sudah dewasa, kriptorkidisme sendiri bisa dikatakan penyakit bawaan dari lahir. Artinya adalah bahwa penyakit ini segera muncul atau timbul setelah pada saat bayi dilahirkan. Menakutkan bukan?



Hal ini terjadi karena gagalnya satu atau dua testis untuk turun ke dalam skrotum. Skrotum sendiri adalah pembungkus dari dua testis yang dimiliki oleh seorang pria. Fungsinya adalah melindungi suhu sperma agar tetap stabil.

Karena jika sperma kita kepanasan, maka sel-sel sperma akan mati dan begitu pula jika suhunya terlalu dingin. Oleh karena itu, skrotum berperan penting dalam mempertahankan suhu tetap stabil.

Kriptorkidisme sendiri berkaitan dengan peningkatan resiko ganggung reproduksi congenital lain yang mungkin secara terpisah mempengaruhi kesuburan. Anda tentu tidak ingin mandul kan? Tentunya juga pasti ingin memiliki seorang buah hati sebagai penerus Anda.

Sebagai kesimpulan, jika hal tersebut terjadi pada buah hati Anda, cepatlah menghubungi dokter agar menerima penangan sedini mungkin dengan pemberia hormon chorionic gonadotropin yang fungsinya merangsang testoteron.