Krim Pemutih Wajah Bisa Bikin Kanker Kulit

Doktersehat.com – Kini krim pemutih banyak beredar bebas di pasaran. Namun, belum tentu semua krim pemutih aman digunakan. Perhatikan kandungan krim sebelum digunakan karena banyak zat berbahaya yang biasa digunakan dalam campuaran krim pemutih.



Campuran bahan berbahaya dalam krim pemutih memang dapat memutihkan kulit. Namun, efek sampingnya dapat membahayakan kesehatan, seperti menjadi lebih rentan terhadap sinar matahari, bahkan dapat menyebabkan kanker kulit.

Salah satu bahan berbahaya yang kerap digunakan dalam krim pemutih adalah hydroquinone. Bahan ini dapat mengakibatkan kerusakan kulit permanan dan kanker kulit jika digunakan jangka panjang.

Selain itu, kojic acid juga kerap ditemui dalam krim pemutih wajah. Penggunaan kojic acid juga dilarang di negara-negara Asia akibat toksisitasnya.

Penggunaan krim pemutih di Asia sedang menjadi “tren” saat ini. Padahal warna kulit asli akan kembali lagi dalam waktu enam sampai delapan minggu setelah pemakaian krim pemutih dihentikan.

Perlu diketahu bahwa WHO sudah menjelaskan bahwa kendungan bahan berbahaya seperti merkuri dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti kerusakan ginjal, kulit rentan terinfeksi jamur dan bakteri, depresi atau psikologis serta neuropati.

Sumber: okezone.com