Kram Pada Kaki di Malam Hari? Mungkin Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com – Ada banyak orang yang mengeluhkan munculnya kram di malam hari yang bisa membuat rasa sangat tidak nyaman. Bahkan, banyak dari mereka yang mengalami kram di kaki pada saat masih tertidur sehingga pada akhirnya mengalami gangguan tidur dan terbangun. Pakar kesehatan menyebutkan jika kondisi kram pada kaki yang muncul di malam hari, khususnya saat kita tertidur menandakan adanya masalah pada kesehatan tubuh. Lantas, apa sajakah masalah kesehatan yang bisa saja menyebabkan masalah kram pada kaki di malam hari?

doktersehat-sakit-kaki-keseleo-mata-kaki

Kelelahan menjadi penyebab pertama mengapa kram bisa saja muncul di malam hari. Menurut pakar kesehatan, jika kita mengalami kelelahan luar biasa yang disebabkan oleh melakukan aktifitas yang berat layaknya olahraga yang terlalu keras atau bahkan karena melakukan pekerjaan yang berat, maka kita akan cenderung rentan mengalami kram pada kaki-kaki karena otot kita juga mengalami kelelahan luar biasa. Selain itu, kita juga bisa mengalami kondisi hipotiroid yang pada akhirnya juga berimbas pada kram yang muncul pada kaki di malam hari.

Hal berikutnya yang bisa membuat kita mengalami kram di malam hari, khususnya yang muncul saat kita sedang terlelap adalah kondisi gula di dalam darah yang cukup tinggi. Menurut pakar kesehatan, tingginya kadar gula dalam darah ternyata ikut berperan besar dalam membuat kram di malam hari. Bagaimana tidak, otot-otot ternyata membutuhkan keseimbangan gula dalam darah agar tidak mudah mengalami kelelahan yang berujung pada munculnya kram. Selain itu, kondisi dimana tubuh mengalami defisiensi nutrisi dimana kita kekurangan asupan mineral layaknya sodium dan potasium akan membuat sel-sel di dalam otot terkena tekanan berlebihan sehingga pada akhirnya membuat kram mudah terjadi.

Baca Juga:  Konsumsi Telur Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Dehidrasi ternyata juga bisa menyebabkan kram pada kaki saat malam hari. Layaknya saat kekurangan asupan mineral, kkurangnya cairan tubuh ikut memberikan tekanan hebat pada otot-otot kaki dan memicu kram. Selain itu, jika kita mengkonsumsi beberapa jenis obat, ada resiko terkena kram sebagai efek samping dari obat-obatan tersebut.