Kram Otot Disebabkan Oleh Hal-Hal Berikut

DokterSehat.Com – Seringkali kita menganggap kram otot adalah masalah kesehatan yang terjadi jika kita sedang kelelahan atau setelah melakukan aktivitas yang cenderung sangat berat. Padahal, tahukah anda jika ada beberapa macam hal yang bisa memicu masalah kram otot. Sebagai contoh, penyakit layaknya demam tinggi atau bahkan alergi bisa memicu masalah ini. Selain itu, ada beberapa penyebab kram otot yang membuat tubuh kita terasa tidak nyaman ini ternyata justru karena hal-hal yang tidak kita duga sebelumnya seperti sebagai berikut.

doktersehat-cedera-olahraga

Tahukah anda, penyebab paling sering dari munculnya kram otot adalah kondisi tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan? Pakar kesehatan menyebutkan jika tubuh tidak memiliki kadar cairan yang cukup saat beraktivitas atau berolahraga yang bisa membuat kita mengeluarkan keringat dengan jumlah yang banyak, maka kita akan berpotensi besar menyebabkan kram otot. Hal ini karena kita akan mengalami ketidakseimbangan elektrolit pada tubuh dan pada akhirnya membuat otot bisa terkena kram.

Selain kekurangan cairan tubuh, jika kita kekurangan asupan vitamin B12, kita juga akan dengan mudah mengalami kram otot saat beraktivitas atau berolahraga. Tubuh yang kekurangan vitamin B12 akan cenderung membuat pasokan oksigen ke berbagai bagian tubuh menurun dengan drastis dan hal ini bisa berpengaruh besar pada kinerja otot. Selain itu, mereka yang kekurangan asupan kalium dan para penderita anemia juga akan cenderung mudah mengalami kram otot.

Penyakit hipoksia juga bisa menyebabkan terjadinya gangguan aliran darah dan pada akhirnya bisa menyebabkan kram otot yang uniknya bisa terjadi di tengah-tengah tidur malam. Pakar kesehatan pun menyarankan para penderita hipoksia yang mengalami kram otot untuk mengompres bagian tubuh yang nyeri dengan air hangat.