Kosmetik Ini Ternyata Sebaiknya Tidak Dipakai Setiap Hari

DokterSehat.Com– Saat sudah menemukan produk kosmetik yang cocok bagi kulit kita, kita tentu akan selalu menggunakannya berulang kali setiap hari. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa jenis produk kosmetik yang ternyata sebaiknya tidak digunakan sehari-hari, apalagi dalam jangka panjang karena bisa menyebabkan masalah kulit. Apa sajakah produk kosmetik tersebut?

doktersehat-makeup-dandan-wajah

Produk kosmetik primer
Produk kosmetik primer dengan bahan dasar silicon memang bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan menutup pori-pori dengan sempurna. Sayangnya, hal ini akan membuat keringat dan minyak alami sulit untuk keluar sehingga bisa memicu datangnya jerawat jika digunakan dengan berlebihan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan produk kosmetik primer untuk acara-acara khusus saja atau saat merasa kurang nyaman dengan tekstur kulit.

Produk kosmetik retinol
Produk retinol ini memiliki cukup banyak formula yang bisa membuat kulit lebih cantik. Sayangnya, para ahli dermatologi tidak merekomendasikan penggunannya karena beberapa jenis produk retinol memiliki efek terlalu kuat bagi mereka dengan beberapa jenis kulit tertentu sehingga akan memicu kulit kering, terbakar, atau mengelupas.

Jika kita tidak memiliki masalah saat menggunakan produk retinol ini, ada baiknya kita hanya memakainya maksimal 2 kali dalam sepekan. Selain itu, selalu pastikan apakah produk retinol yang digunakan aman untuk digunakan atau tidak.

Sikat pembersih
Sikat pembersih wajah atau yang dikenal sebagai cleansing brushes banyak diminati kaum hawa karena bisa membuat wajah lebih bersih. Sayangnya, penggunaan sikat ini setiap hari dalam jangka panjang bisa memicu kulit kering, peradangan, serta jerawat.