Kopi Tidak Selalu Menyehatkan Tubuh, Apalagi Jika Kita Mengkonsumsinya Berlebihan

DokterSehat.Com – Masyarakat Indonesia adalah salah satu penggila kopi paling besar di dunia. Hal ini dikarenakan kopi yang dimiliki bangsa ini sangatlah beragam dengan berbagai rasa dan aroma yang sangat menggoda. Bagi banyak orang, kopi ternyata telah menjadi minuman harian yang tidak bisa ditinggalkan setiap harinya. Memang, banyak pakar kesehatan yang menyebtukan jika konsumsi kopi secara rutin setiap hari bisa sangat baik bagi tubuh. Sayangnya, banyak dari kita yang menambahkan berbagai bahan campuran pada kopi yang pada akhirnya membuat kopi tidak lagi menyehatkan dan jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-kopi-demensia

Pakar kesehatan Dr Sally Norton dari The Glen Hospital, Bristol, menunjukkan fakta dimana konsumsi kopi ternyata bisa memberikan dampak negatif bagi organ jantung. Konsumsi kopi yang berlebihan bisa memicu detak jantung yang semakin tidak teratur, peningkatan tekanan darah, dan bahkan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan berkurangnya aliran darah pada pembuluh darah yang tentu akan sangat berbahaya.

Kopi sangat dikenal sebagai salah satu minuman yang akan mengatasi rasa kantuk dan membuat kita menjadi lebih waspada dan berkonsentrasi, sayangnya, konsumsi kopi yang berlebihan hingga lebih dari tiga cangkir dalam sehari ternyata bisa menimbulkan masalah gangguan tidur yang sangat besar. Penelitian kesehatan bahkan menunjukkan fakta dimana para peminum kopi yang kaya kafein dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya ternyata memiliki selisih 79 waktu tidur secara rata-rata. Yang unik adalah, meskipun kopi dianggap membuat kita menjadi lebih fokus, yang terjadi adalah kandungan kafein pada kopi ternyata bisa membuat berbagai hormon semacam adrenalin bernama katekolamin muncul dengan berlebihan dan memicu kegelisahan dan tidak tenang.

Baca Juga:  Sushi itu Sehat? Tidak Dengan Cara Makan Kita Selama Ini

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta mengejutkan jika konsumsi kopi yang sangat berlebihan, yakni hingga lebih dari 5 cangkir per hari bisa berimbas pada semakin menurunnya tingkat kesuburan seseorang. Dengan adanya fakta-fakta ini, penikmat kopi tentu harus lebih bijak dalam mengkonsumsinya setiap hari.