Kopi Ternyata Memiliki Kemampuan Meredakan Stress

DokterSehat.Com – Kopi telah menjadi salah satu minuman favorit yang digemari oleh banyak orang di Indonesia. Kita sendiri termasuk beruntung karena tinggal di negara yang kaya akan biji kopi pilihan nan berkualitas sehingga memanjakan lidah sekaligus indera penciuman kita. Omong-omong tentang kopi, kita tentu sering mendengar khasiat kopi bagi kesehatan bukan? Salah satu dari khasiat ini ternyata adalah mampu meredakan masalah stress pada seseorang. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-kopi-demensia

Aroma kopi yang harumnya cukup kuat dan khas ternyata bisa membuat stress menjadi mereda karena bau kopi ternyata ternyata bisa menyentuh berbagai reseptor bau dalam tubuh. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika aroma kopi yang menyentuh reseptor bau akan membuat otak kita mendapatkan sinyal yang membuat tubuh menjadi lebih terjaga. Sebuah penelitian yang dilakukan di Seoul Nasional University oleh Seo Hanseouk dan peneliti lain dari Jerman dan Jepang menunjukkan fakta dimana aroma kopi bisa membuat tikus-tikus percobaan yang mengalami masalah stress dan kurang tidur bisa menjadi jauh lebih rileks.

Penelitian ini dilakukan dengan memakai biji kopi dari Colombia yang dikenal memiliki kualitas tinggi. Setelah biji kopi ini disangrai, ditempatkanlah biji-biji kopi ini dekat dengan tikus-tikus percobaan. Terdapat dua kelompok tikus percobaan yang dipakai pada penelitian ini; yang mengalami stress dan juga tidak stress. Namun, kedua kelompok tikus percobaan tetap bisa menikmati aroma kopi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan fakta dimana terjadi perubahan pada protein otak pada tikus yang stress dan kurang tidur dimana otak akan mengalami efek lebih tenang dan bahkan mengelurkan fungsi antioksidan. Memang, fakta ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun, dengan kecenderungan kemiripan efek yang didapatkan pada tikus percobaan dan tubuh manusia, bisa jadi aroma kopi memang bisa membuat kita menjadi lebih rileks, bukan?

Baca Juga:  Sisi Baik dan Buruk Taurin pada Minuman Energi

Selain menghirup aroma biji kopi yang disangrai di pagi hari, kita juga bisa menghirup aroma kopi yang sudah diseduh. Banyak orang yang percaya bahwa aroma kopi ini bisa membuat pikiran kita jauh lebih tenang sekaligus menghilangkan stress sehingga kita pun akan mendapatkan mood yang lebih baik untuk beraktifitas.